Wow! Harga Tembaga Siap Pecahkan Rekor di 2021

Must read

Setelah hampir satu dekade atau terhitung sejak 2011, harga tembaga di tahun 2021 menguat dan semakin mendekati level US$10.000 per ton seiring dengan kebijakan stimulus sejumlah negara, distribusi vaksin virus corona, dan komitmen peralihan ke sumber energi terbarukan.

Data yang dirilis Bloomberg pada Rabu (28/4/2021) menunjukkan,  harga tembaga pada London Metal Exchange (LME) sempat menguat hingga ke level US$9.965 per ton, atau level tertingginya sejak Maret 2011 lalu. 

Kemudian, secara year to date (ytd), harga komoditas yang kerap disebut sebagai kompas perekonomian dunia ini telah menguat sebesar 26,91 persen pada LME. Penguatan serupa juga terjadi pada komoditas logam lainnya seperti aluminium dan bijih besi.

Baca Juga : Emiten Logam Bakal Panen Cuan Berkat Nikel Menguat

Analis BMO Capital Markets Colin Hamilton dalam laporannya mengatakan, penguatan harga tembaga dipicu oleh keterbatasan pasokan serta sentimen permintaan global yang menopang harga dalam jangka pendek.

“Sementara itu, dinamika pertumbuhan global dalam jangka menengah juga ikut menopang minat pasar finansial terhadap komoditas,” ungkapnya.

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article