Waspada! Naiknya Produksi Batu Bara Bisa Tekan Harga

Must read

Naiknya target produksi batu bara nasional ke level 625 juta ton tahun ini dikhawatirkan dapat memberikan tekanan terhadap harga batu bara.  Tahun ini pemerintah menetapkan tambahan jumlah produksi batu bara sebesar 75 juta ton untuk penjualan ke luar negeri. Adanya potensi tambahan sekaligus mencatatkan target produksi terbesar selama ini. 

Ketua Indonesian Mining and Energy Forum (IMEF) Singgih Widagdo menilai, kenaikan volume produksi hingga 625 juta ton terlalu tinggi, mengingat ruang peningkatan permintaan batu bara Indonesia ke pasar ekspor terutama ke China tidak setinggi tambahan volume kuota ekspor yang ditetapkan pemerintah.

Ia memprediksi produksi batu bara Indonesia yang bisa diserap oleh pasar China untuk menggantikan pasokan batu bara dari Australia hanya mencapai sekitar 30 juta hingga 40 juta ton.

Baca Juga : Aman! Harga Batu Bara masih Beri Ramalan Baik bagi RI

“Karena batu bara Australia di-banned, ekspor ke China batu bara kualitas rendah dan menengah paling 40 juta ton. Kita mungkin bisa ambil 30 juta karena sebagian bisa jadi dari Afrika Selatan dan ini sudah mendekati kuartal II, jadi 30 juta sudah bagus,” ungkap Singgih.

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article