Waduh! Tesla Memilih India Ketimbang Indonesia

Waduh! Tesla Memilih India Ketimbang Indonesia
Waduh! Tesla Memilih India Ketimbang Indonesia

Ramai dikabarkan bahwa Tesla akan melakukan investasi mobil listriknya di Indonesia. Namun sayangnya, perusahaan yang dipimpin oleh Elon Musk itu memilih India ketimbang Indonesia sebagai lokasi baru pabrik mobil listriknya. Kenapa ya? 

Setidaknya dalam sepekan terakhir, Tesla malah disebut-sebut akan membangun pabrik terbarunya di India. Informasi Tesla akan masuk dan bikin pabrik di India pertama dikeluarkan oleh M B.S. Yeddyurappa, kepala menteri negara bagian barat daya Karnataka.

Lokasi pabriknya disinyalir berada di Bengaluru, Karnataka. Sebelum membangun pabrik, Tesla akan lebih dulu membuka pusat penelitian dan pengembangan (R&D) di Bengaluru.

Pemilihan lokasi tersebut, Tesla beralasan lantaran Bengaluru merupakan tempat di mana banyak pabrikan lain dari seluruh dunia memiliki R&D. Di antaranya adalah Mercedes-Benz, Great Wall Motors, General Motors, Continental, Mahindra & Mahindra, Bosch, Delphi, sampai Volvo.

Bengaluru juga dikenal sebagai ‘Silicon Valley Asia‘ atau pusat teknologi informasi India. Bengaluru merupakan kota tempat tinggal banyak orang-orang paling tajir di India.

Sampai saat ini, belum konfirmasi resmi dari Tesla soal kabar ini. Namun India memang menjadi salah satu negara yang dalam beberapa waktu terakhir disebut-sebut oleh Elon Musk. 

Baca Juga : Tesla Tak Minat Investasi Baterai Tapi Ingin Bangun ESS

Sama seperti negara lain, pemerintah India sudah mencanangkan upaya mengurangi ketergantungan pada bahan bakar fosil. Namun upaya untuk mendorong penggunaan kendaraan listrik terganjal dengan minimnya investasi, baik dalam pembangunan pabrik maupun infrastruktur SPKLU (stasiun pengisian kendaraan listrik umum).

Untuk mendorong masuknya investasi, pemerintah India berencana menawarkan insentif sebesar US$ 4.600.000.000 (setara dengan Rp 64,5 triliun) pada perusahaan yang membangun fasilitas pembuatan baterai mobil listrik.