Volatilitas Tinggi, Masihkah Emas Diburu Pekan Ini?

Masihkah Emas Diburu Pekan Ini?

Masihkah-Emas-Diburu-Pekan-Ini?
Masihkah Emas Diburu Pekan Ini?

Harga emas spot dunia mengalami sedikit koreksi sebesar 0,06% menjadi US$ 1.616,45/Oz pada penutupan perdagangan Jumat (3/4/2020) dari pekan sebelumnya US$ 1.617,50 per troy ons(OZ).

Koreksi harga emas spot dunia seiring dengan penguatan dolar Amerika Serikat (AS) di tengah makin merebaknya wabah virus corona (COVID-19).

Harga emas dunia memang bergerak bak roller coaster di tengah volatilitas yang tinggi akibat meluasnya penyebaran pandemi virus corona.

Sehingga sejumlah stimulus pemerintah dan bank sentral dunia pun digelontorkan guna memerangi pandemi.

“Emas terus berada dalam mode wait and see, sambil melihat seberapa buruk ekonomi global akan terdampak dan berapa lama kondisi seperti depresi [ekonomi] ini berlangsung,” kata Edward Moya, analis pasar senior di perusahaan broker OANDA, dikutip CNBC International.

“Sebagian besar trader mengharapkan harga emas bisa menjadi lebih tinggi lagi,” setelah rilis data pengangguran di AS, kata Moya. “Sentimen penggerak harga emas adalah bahwa pengetatan pasokan berkurang dan dolar terus bergerak lebih tinggi.”

Baca Juga: IHSG Menguat Berkat Harga Minyak

“Pada akhirnya emas akan bersinar dari semua stimulus fiskal dan moneter yang digelontorkan ke pasar secara global,” tambahnya.

Kendati demikian, koreksi tipis dalam sepekan terakhir ini tidak menjadi patokan bahwa harga emas akan jatuh lebih dalam lagi ke bawah level psikologis di US$ 1.600 per troy ons.