UU Minerba Wajibkan Pengusaha Reklamasi Pasca Tambang

UU Minerba Wajibkan Pengusaha Reklamasi Pasca Tambang

UU-Minerba-Wajibkan-Pengusaha-Reklamasi-Pasca-Tambang
UU Minerba Wajibkan Pengusaha Reklamasi Pasca Tambang

Pengelolaan lingkungan sektor pertambangan mineral dan batu bara (minerba) memasuki era baru yang lebih ramah lingkungan.

Pertambangan berwawasan lingkungan menjadi poin penting dalam perubahan UU Minerba yang baru saja disahkan oleh pemerintah. 

Dalam UU Minerba yang baru, pengusaha wajib melakukan reklamasi pasca-tambang.

Berdasarkan UU Nomor 4/2009 pasal 100 disebutkan bahwa pemegang IUP dan IUPK wajib menyediakan dana jaminan reklamasi dan jaminan pasca-tambang.

Kemudian jika pemegang IUP dan IUPK tidak melaksanakan reklamasi sesuai dengan rencana yang telah disetujui.

Maka menteri, gubernur, atau bupati/walikota sesuai dengan kewenangannya dapat menetapkan pihak ketiga untuk melakukan reklamasi dan pasca-tambang dengan dana jaminan tersebut.

Penerbitan UU ini telah memberikan pengaturan yang efektif dan komprehensif untuk menyelesaikan permasalahan pengelolaan pertambangan mineral dan batu bara saat ini dan ke depannya.

Baca Juga: Waspada Second Wave Corona, Harga Batu Bara Was-Was

Sehingga ini dapat menjawab tantangan bahwa kegiatan usaha pertambangan mineral dan batu bara mempunyai peranan penting dalam memberikan nilai tambah secara nyata bagi pertumbuhan ekonomi nasional dan pembangunan daerah secara berkelanjutan dengan tetap menjaga aspek kelestarian lingkungan.