Urgensi Big Data Dalam Industri Pertambangan

Urgensi Big Data Dalam Industri Pertambangan

Urgensi Big Data Dalam Industri Pertambangan
Urgensi Big Data Dalam Industri Pertambangan

Pesatnya laju teknologi membuat membuat semua sektor industri harus mampu adaptif mengikuti perkembangan zaman, tanpa terkecuali sektor tambang.

Tambang sebagai industri yang bertumpu pada sumber daya alam juga harus mampu naik level dari mindset pertambangan yang konvensional.

Dunia tambang harus mampu memberdayakan sumber daya manusia yang memiliki kecakapan teknologis untuk menciptakan efisiensi dalam produksi tambang.

Laju perkembangan teknologi saat ini sedang saling berkompetisi mengembangkan big data dan data science demi memudahkan pekerjaan.

Pertanyaannya mampukan dunia tambang menjawab tantangan itu dan memanfaatkan peran big data dalam pertambangan.

Dengan penguasaan big data dan data science, maka dunia bisa diakses dalam satu genggaman.

Saat ini banyak bermunculan beragam aplikasi maupun peranti lunak yang makin memudahkan pekerjaan manusia, termasuk di bidang pertambangan.

Melimpahnya sumber daya alam di Indonesia tak lantas membuat negeri ini lepas dari berbagai permasalahan.

Fluktuasi industri pertambangan tengah mengalami pergejolakan. Baik melemahnya harga komoditas, regulasi yang terombang-ambing, dan faktor eksternal.

Di tengah harga komoditas yang kurang baik, perusahaan juga mempunyai tuntutan yang cukup banyak.

Baca Juga: Harapan Logam Tanah Jarang Indonesia

Termasuk kepatuhan terhadap regulasi keselamatan kerja dan lingkungan, reklamasi, pasca tambang, tanggung jawab sosial, serta kelangsungan bisnis yang tidak bisa dijanjikan.