Upaya Indika Energy Tinggalkan Ketergantungan Batubara

Must read

PT Indika Energy Tbk perlahan akan tinggalkan ketergantungan bisnis batubara nya dalam kurun waktu lima tahun ke depan. Indika Energy juga menargetkan separuh pendapatannya akan berasal tidak lagi dari komoditas batubara.

Upaya dan komitmen Indika Energy untuk tinggalkan ketergantungan pada bisnis batubara dilakukan sebagai dukungannya terhadap target pemerintah untuk memanfaatkan energi terbarukan sebanyak 23% dalam bauran energi nasional tahun 2025.

Tidak hanya itu, upaya Indika Energy untuk meninggalkan ketergantungan batubara juga didasarkan pada proyek Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) konsumsi batubara secara global yang diprediksi merosot.

Bahkan konsumsi batubara bisa dikurangi sebesar 90% pada 2050 dan penurunan permintaan batubara sebesar 40% di tahun 2050. 

Upaya yang Indika Energy lakukan juga dimaksudkan untuk menjaga kesinambungan operasional dan menjaga ketahanan energi nasional.

Situasi ini memicu Indika Energy untuk lebih adaptif dan tangkas dalam melihat peluang usaha demi keberlanjutan perseroan serta memperkuat komitmen Indika terhadap Environmental, Social, and Governance (ESG). 

Salah satu upaya konkrit yang dilakukan Indika Energy untuk meninggalkan ketergantungannya pada batubara adalah dengan mendirikan perusahaan penyedia solusi tenaga surya terintegrasi bernama PT Empat Mitra Tenaga Surya (EMITS).

Indika Energy juga mewujudkan komitmennya dalam mendiversifikasi portofolio bisnis, mencapai tujuan keberlanjutan, meningkatkan kinerja ESG, serta mendukung upaya pemerintah dalam mencapai target bauran energi terbarukan. 

Sejak 2018, Indika Energy juga telah memiliki investasi di sektor tambang emas Awak Mas di Sulawesi Selatan. Selaras dengan upaya nya tersebut, Indika Energy menargetkan 50% pendapatannya pada tahun 2025 akan berasal dari sektor non batubara.

Tidak hanya itu, Indika Energy terus mengeksplorasi sektor usaha lainnya selain batubara yang tentunya sesuai dengan keunggulan dan kapasitas nya. Untuk mendorong upaya ini, tentunya dibutuhkan investasi yang besar dan kerjasama berbagai pihak. 

Baca Juga : INDY Tak Ambil Pusing Investasi Batubara Global Dipersulit

Indika Energy berupaya untuk menjadi bagian dari perjalanan Indonesia dalam memaksimalkan potensi yang dimiliki melalui kerjasama dengan mitra berpengalaman guna meninggalkan ketergantungan pada batubara dan menghadirkan solusi energi terbarukan yang terpercaya serta kompetitif. 

2 COMMENTS

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article