Tren Positif Emiten Pertambangan 2021 Diramal Berlanjut

Must read

Sejumlah emiten pertambangan di Indonesia yang berhasil mencatatkan tren positif kinerja di tengah pandemi tahun 2021 diramal bakal terus berlanjut karena permintaan dan naiknya harga komoditas tambang.

Analis Central Capital Futures Wahyu Laksono mengatakan, tren harga komoditas saat ini masih positif. Ia mencontohkan, harga batu bara di pasar global dapat menyentuh 100 dollar Amerika Serikat (AS) per ton. 

”Hal ini dipicu oleh harapan pemulihan ekonomi dunia karena adanya vaksinasi serta didukung oleh stimulus global, salah satunya dari AS,” ujarnya pada Sabtu (8/5/2021).

Wahyu menilai, situasi awal pandemi memang sempat menekan permintaan dan penawaran komoditas. Namun, begitu penyebaran Covid-19 mulai bisa ditangani serta adanya suntikan stimulus fiskal dalam jumlah besar di sejumlah negara, harga komoditas perlahan merangkak naik.

Kecenderungan tersebut juga tampak dari kinerja sejumlah emiten. PT Indika Energy Tbk. (INDY) misalnya, emiten ini berhasil mencatatkan laba kotor sebesar 120,9 juta dollar AS sepanjang triwulan I-2021. Adapun laba usaha meningkat 23,5 persen menjadi 84,9 juta dollar AS.

Rata-rata harga jual batu bara naik 5,1 persen menjadi 45,2 dollar AS per ton pada triwulan I-2021. Volume penjualan meningkat 4,9 persen menjadi 9,2 juta ton. Sebanyak 66 persen di antaranya dipasok ke pasar ekspor dan 34 persen lainnya untuk pasar domestik.

Kendati mengantongi laba yang tinggi, performa sejumlah anak usaha perseroan menurun. Pendapatan PT Indika Energy Tbk juga turun 9,2 persen menjadi 582,2 juta dollar AS pada triwulan I-2021. Dampaknya, perusahaan mencatatkan rugi sebesar 9,4 juta dollar AS.

Direktur Utama PT Indika Energy Tbk Arsjad Rasjid mengatakan, perusahaan terus berupaya mengoptimalkan kinerja di sektor batu bara. 

Baca Juga : Asik! Pendapatan Negara Naik Berkat Harga Minyak Menguat

”Di saat bersamaan, perseroan juga melakukan diversifikasi usaha, seperti di sektor pertambangan emas, energi baru dan terbarukan, serta mulai mengeksplorasi pengembangan kendaraan listrik roda dua dan energi biomassa,” yakinnya.

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article