Transisi EBT Tak Bisa Dipaksa Langsung

Transisi EBT Tak Bisa Dipaksa Langsung

Transisi EBT Tak Bisa Dipaksa Langsung
Transisi EBT Tak Bisa Dipaksa Langsung

Indonesia sedang berupaya berakselerasi dengan visi energi ramag global.

Peneliti Alpha Research Database Indonesia, Ferdy Hasiman menanggapi pemerintah yang menggalakkan penggunaan energi bersih terbarukan.

Menurut Ferdy, transformasi energi yang berpindah dari penggunaan bahan bakar minyak (BBM) ke energi terbarukan harus dilakukan secara bertahap dan perlahan.

“Jadi kalau untuk pembangkit listrik, saya ingin pemerintah untuk mendorong energi bersih, tetapi tidak bisa menggantikan semua langsung, karena peralihannya agak bermasalah nanti,” kata Ferdy.

Rencana peralihan penggunaan BBM ke energi bersih harus dilakukan secara perlahan dan bertahap.

Sebab, Indonesia masih butuh perusahaan-perusahaan yang berbasis energi fosil seperti batu bara untuk bisa mendorong dan menopang APBN.

“Apalagi dalam kondisi Covid-19, pemerintah lagi cari duit  bagaimana supaya kita bisa terecovery, makanya harus benar-benar komprehensif analisanya,” ucapnya.

Sehingga, kata dia, Indonesia belum bisa sepenuhnya beralih menggantikan posisi penggunaan batu bara.

“Jadi kita tidak bisa beralih total mengganti batu bara,  tidak mungkin, nanti APBN kita akan terpukul,” ujar Ferdy.

Selain itu, kata Ferdy, analisis-analisis yang lain juga perlu dilakukan jangan sampai hanya mengikuti tren energi bersih seperti Eropa.

Sebab, selama ini kebijakan yang dibuat selalu mengikuti arus dari negara lain.

“Jadi kita tidak punya identitas,  seharusnya kita punya kajian yang jelas. Mereka yang berada di kementerian, tentunya orang-orang pilihan, mereka harus  memikirkan yang terbaik bagi bangsa dan negara,” tutur Ferdy.

Ferdy menambahkan, selama ini banyak pekerjaan dari pemerintah yang tidak dijalankan dengan baik dan analisa terakit energi bersih tidak terbuka.

Menurutnya, proses tersebut harus transparan, DPR juga harus terbuka soal draft undang-undang energi baru terbarukan ke publik.

Baca Juga: Harga Batu Bara ke Level Tertinggi

Ia berharap UU energi baru dan terbaru pembahasannya tidak dilakukan tergesa-gesa seperti UU Omnibus Law dan lainnya.

“Saya dengar UU ini akan dituntaskan dalam waktu dekat. Orang mungkin melihat ini isu minor, tapi ke depan, orang-orang akan bergser dari paradigma minyak gas, batu bara ke energi bersih,” ucap Ferdy.