Transformasi Digital Tidak Mahal

Transformasi Digital Tidak Mahal

Transformasi-Digital-Tidak-Mahal
Transformasi Digital Tidak Mahal

Tren Industry 4.0, mendorong perubahan di setiap aspek bisnis dan semua pelaku industri.

Pembenahan berbasis digital menjadi topik yang sangat penting untuk direalisasikan oleh pelaku industri khususnya pertambangan saat ini.

Menurut Dery Hananto, COO dari PT. Trimitra Sistem Solusindo (Trimitrasis), ada hal yang menarik dari tren transformasi digital di dunia pertambangan saat ini.

”Dulu transformasi digital hanya bisa dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar mengingat biayanya mahal. Namun kini skala menengah dan kecil pun bisa melakukannya karena semakin terjangkau”.

Hal ini jugalah yang memicu banyak perusahaan untuk semakin melek digitalisasi.

Lanjutnya, hal yang sangat penting bagi para stakeholder tambang untuk kebutuhan digitalisasi mereka adalah akurasi laporan keuangan dan kesesuaian dengan kegiatan operasional di lapangan secara real time dan accountable.

”Untuk itulah diperlukan sistem ERP yang tangguh, guna menunjang kebutuhan operasional site dan kegiatan back office perusahaan secara terintegrasi. Sekaligus menyediakan kemampuan untuk dikembangkan mengikuti ekspansi bisnis dari stakeholder,” jelas Dery.

”Paradigma bahwa digitalisasi adalah proyek IT harus diubah, karena sebenarnya transformasi digital adalah sama dengan bentuk transformasi bisnis perusahaan sehingga semua departemen terlibat di dalamnya”, terang Dery, yang juga telah lama berkecimpung di jasa konsultasi pertambangan.

”Kini tantangan terberat dalam melakukan transfor-masi digital adalah kesiapan internal perusahaan. Dengan berubahnya bisnis proses yang selama ini mereka jalankan”, imbuhnya.

PT. Trimitra Sistem Solusindo (Trimitrasis), yang bergerak di bidang Mining Consulting, Technology, dan Operation Support. Mereka menawarkan jasa transformasi digital bagi perusahaan pertambangan dengan waktu yang lebih singkat dan biaya yang lebih terjangkau.

Baca Juga: Apakah Gempa Bumi Dapat Menciptakan Emas?

Menggunakan metode Rapid Development dan berdasarkan pengalaman lebih dari 10 tahun, serta pendekatan bisnis proses dengan Global Best Practice, Trimitrasis percaya bahwa merubah proses bisnis konvensional yang masih dilakukan secara manual atau paper based ke proses bisnis yang serba digital akan dapat dilakukan dalam waktu enam bulan atau kurang.