Tips Cuan Borong Saham ala Lo Kheng Hong

Tips Cuan Borong Saham ala Lo Kheng Hong

Tips Cuan Borong Saham ala Lo Kheng Hong
Tips Cuan Borong Saham ala Lo Kheng Hong

Pemain besar yang secara serius dan sukses menjadi investor ritel saham di Indonesia tidaklah banyak.

Nama Lo Kheng Hong mungkin menjadi satu-satunya, karena memang tak banyak orang yang sukses jadi ‘triliuner’ berinvestasi di pasar saham. 

Lo Kheng Hong memiliki metode value investing dalam berinvestasi, juga merupakan fans ‘fanatik’ dari kisah sukses dengan Warren Buffett, orang terkaya nomor tiga di dunia, yang juga sukses investasi di saham.

Ini juga yang membuat Lo Kheng Hong mendapat julukan Warren Buffett Indonesia. 

Strategi nilai investasi atau value investing, pertama kali dikenalkan Benjamin Graham dalam bukunya The Intelligent Investor.

Value investing adalah strategi investasi untuk menemukan saham super dengan harga yang lebih murah dari harga wajarnya.

Bekal ilmu value investing, Lo menerapkannya dalam berinvestasi di emiten-emiten yang mengolah komoditas sumber daya alam (SDA).

Hampir sebagian besar cuan atau keuntungan yang dibukukan Lo, panggilan akrabnya, berasal dari saham-saham yang berbasis komoditas.

Alasannya, pergerakan harga komoditas yang fluktuatif menjadi kesempatan untuk mendapatkan untung besar.

Baca Juga: Tesla Berencana Bangun Pabrik di RI

“Saya banyak mendapatkan keuntungan dari saham komoditas. Dulu ada PT Timah Tbk (TINS), PT Indika Energy Tbk (INDY) perusahaan batu bara, ada PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk (INKP), karena komoditas itu berfluktuasi,” kata Lo saat menceritakan kisah sukses dirinya berinvestasi saham di Capital Market Summit & Expo (CMSE) 2020, Sabtu (24/10/2020).