Tinjauan Perekonomian Dan Industri Petrosea (PTRO)

Industri Petrosea
Tinjauan Perekonomian Dan Industri Petrosea

Sebagai produsen batubara terbesar dunia, Indonesia memanfaatkan momentum pertumbuhan industri batubara global di tahun 2017 dengan menaikkan target produksi batubara dari semula 413 juta ton menjadi 477 juta ton.

Peningkatan target produksi ini terjadi karena banyak pemegang Izin Usaha Pertambangan (IUP) dan Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) yang akan masuk tahap produksi. Selain itu, peningkatan kapasitas produksi dilakukan untuk mengganti kerugian yang terjadi akibat penurunan harga batubara pada masa sebelumnya.

Untuk mendukung program pemerintah dalam pengembangan kawasan Indonesia bagian timur, Industri Petrosea memutuskan untuk berinvestasi pada pembangunan pangkalan lepas pantai di Sorong, Papua Barat, disamping fasilitas yang saat ini sudah ada di Tanjung Batu, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Baca juga artikel terkait Tinjauan Perekonomian Dan Industri Petrosea: 9 Perusahaan Lolos Verifikasi Ekspor Nikel

Petrosea juga terus memperluas layanannya dengan membuka Pusat Logistik Berikat (PLB) ketiga di POSB Sorong setelah sebelumnya membuka fasilitas PLB di Tanjung Batu, Kalimantan Timur dan Marunda, Jakarta. Kontraktor minyak & gas bumi yang telah menggunakan fasilitas PLB Petrosea termasuk Saipem Indonesia, IKM Subsea Indonesia dan Viking Seatech Indonesia.

Namun, pendapatan dari lini bisnis Jasa Pendukung Kegiatan Minyak & Gas Bumi menurun 28,46% dari US $22,66 juta menjadi US $16,21 juta pada tahun 2017 yang disebabkan oleh penurunan aktivitas minyak & gas bumi di Selat Makassar.

Hingga laporan tahunan 2017 dipublikasikan, Petrosea sedang melakukan tahap pengembangan bisnis dengan sejumlah perusahaan tambang yang diharapkan dapat terwujud pada tahun-tahun mendatang.

Dengan penambahan kegiatan operasional tersebut, diharapkan akan berdampak positif pada Petrosea untuk kedepannya. Terutama dari sisi pendapatan Perusahaan, proyeksi keuangan, serta terhadap keberlanjutan usaha Petrosea kedepannya.