Terapkan Protokol Covid 19 Pertambangan Tetap Beroperasi

Terapkan Protokol Covid 19 Pertambangan Tetap Beroperasi

Terapkan-Protokol-Covid-19-Pertambangan-Tetap-Beroperasi
Terapkan Protokol Covid 19 Pertambangan Tetap Beroperasi

Pemerintah pusat masih mengizinkan industri-industri tetap beroperasi di tengah meluasnya pandemi Covid-19 di Indonesia. Termasuk sektor pertambangan batu bara.

Masih aktifnya perusahaan industri dan pertambangan, termasuk di Kabupaten Berau, memunculkan kekhawatiran di masyarakat. Dimana karyawan perusahaan yang terus aktif bekerja rentan terpapar virus Corona.

Menurut Bupati Berau Muharram, khusus untuk pertambangan, instruksi beroperasinya langsung dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

Sehingga mekanismenya sudah diatur tersendiri. Namun ia menilai, jika instruksinya dari pemerintah daerah, tentu berbeda situasinya.

Menurut Muharram, inti dari semua permasalahan Covid-19 ini, yakni hindari kerumunan atau keramaian dan tetap jaga jarak.

“Bukan berarti semua pekerjaan harus berhenti karena menghindari penularan itu. Artinya, pekerjaan yang sifatnya tidak menimbulkan kerumunan, tidak harus dihentikan,” ujar Muharram.

Mengenai operasional perusahaan pertambangan, kata Muharram, sudah ada mekanismenya.

Misalnya, mengurangi kapasitas angkutan karyawan, baik itu bus maupun perahu cepat, hanya 50 persen dari jumlah biasanya.

Baca Juga: Harga Emas Bisa US$ 2.000/Troy Ons

“Kalau biasanya angkutan karyawan itu kapasitasnya 40 orang, maka situasi saat ini harus dikurangi maksimal 20 orang saja. Karena untuk jaga jarak itu. Sama halnya yang diberlakukan pihak bandara terhadap angkutan penerbangan,” jelasnya.

“Dalam bekerja pun pihak perusahaan juga memberlakukan shift kerja bagi karyawan. Supaya mencegah adanya kerumunan,” sambung Muharram. 

Menurutnya, selama pencegahan bisa dilalui dengan baik, serta aturan-aturan dari Mineral dan Batubara (Minerba) dan Kementrian Kesehatan dijalankan, maka tidak akan menjadi masalah.