Teknologi Pemetaan Air Bawah Tanah di Bekas Tambang

Must read

Teknologi Pemetaan Air Bawah Tanah di Bekas Tambang

Teknologi Pemetaan Air Bawah Tanah di Bekas Tambang
Teknologi Pemetaan Air Bawah Tanah di Bekas Tambang

Teknologi canggih melalui pencitraan radar satelit dapat digunakan untuk menangkap pengukuran dengan skala milimeter dari perubahan ketinggian suatu medan.

Melalui pencitraan radar satelit itu, masalah keselamatan publik dan lingkungan di area tambang batu bara yang baru ditinggalkan dapat dijaga.

Alat pendeteksi itu dikembangkan oleh para peneliti di Universitas Nottingham dan pengukurannya bisa digunakan untuk memantau dan memperkirakan tingkat air bawah tanah serta perubahan kondisi geologi jauh di bawah permukaan bumi di bekas area pertambangan.

Dalam makalah yang diterbitkan di jurnal Remote Sensing of Environment, para peneliti menjelaskan bahwa ketika tambang bawah tanah ditutup, air tanah yang sebelumnya dipompa ke permukaan agar kegiatan tambang menjadi aman, akan dibiarkan naik lagi sampai dikembalikan tingkat alaminya, dalam sebuah proses yang dinamakan rebound.

Hal ini berarti, pihak yang melakukan penambangan yang melakukan proses rebound, baik itu perusahaan publik maupun perusahaan swasta, membutuhkan informasi mendetail untuk tingkat rebound tersebut.

Kemudian mereka bisa mengetahui dengan pasti kapan waktunya untuk bersantai atau kapan waktunya meningkatkan kekuatan pemompaan guna mengontrol tingkat air tanah dan menghindari aliran dan pembuangan yang tidak terduga.

Tim di Nottingham menggunakan teknik Interferometric Synthetic Aperture Radar (InSAR) yang canggih, yang disebut Intermittent Small Baseline Subset (ISBAS) untuk memberikan informasi terperinci.

Baca Juga: Kualitas Produksi & Ekspor Batu Bara Indonesia

Teknik itu memanfaatkan lapisan citra satelit dari lokasi yang sama yang diambil setiap beberapa hari atau minggu tertentu, yang membuatnya mungkin untuk mengambil perubahan topografi sekecil apapun dari waktu ke waktu.

1 COMMENT

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article