Teknologi Manajemen Tambang

Teknologi Manajemen Tambang

Teknologi Manajemen Tambang
Teknologi Manajemen Tambang

Seiring perkembangan teknologi dan kemajuan zaman yang mulai menggeser metode konvensional dengan digitalisasi.

Banyak perusahaan berkompetisi guna menghadirkan inovasi dalam dunia pertambangan.

Salah satunya produsen alat berat terkemuka asal Amerika Serikat, Caterpillar. Mereka meluncurkan, MineStar Edge, untuk memperbanyak rangkaian teknologi Cat MineStar Solutions dan untuk mengikuti cara banyak operator pertambangan mengelola bisnis mereka.

Edge menciptakan ekosistem operasional untuk perusahaan-perusahaan tambang.

Alih-alih memiliki data di area-area tambang tertentu, Edge menghadirkan visibilitas untuk operasi-operasi tambang secara keseluruhan.

Dan memungkinkan para manajer armada untuk melihat bagaimana aktivitas-aktivitas pada awal proses berdampak pada aktivitas-aktivitas selanjutnya dalam rantai nilai.

Alih-alih memiliki data di area-area tambang tertentu, Edge menghadirkan visibilitas untuk operasi-operasi tambang secara keseluruhan dan memungkinkan para manajer armada untuk melihat bagaimana aktivitas-aktivitas pada awal proses berdampak pada aktivitas-aktivitas selanjutnya dalam rantai nilai.

MineStar Edge juga memanfaatkan komputasi awan (cloud computing) dan kemajuan-kemajuan teknologi terkini.

Seperti penggabungan data, pembelajaran mesin dan kecerdasan buatan (artificial intelligence) sehingga akan terus tumbuh saat mengumpulkan data, mengidentifikasi pola-pola, dan belajar membuat keputusan-keputusan.

Kemampuan ini memungkinkan para manajer tambang untuk fokus pada peningkatan operasi daripada mengumpulkan dan menafsirkan data.

Baca Juga: Batu Bara Hanya Mampu Naik Tipis

Di samping itu, Edge mengotomatiskan pengumpulan data, yang memastikan akurasi, tidak membebankan personil-personil tambang untuk mengurus data, dan memungkinkan para manajer untuk mempercayai informasi yang mereka terima.