Target Produksi Nikel dan Emas Antam Tahun Ini

Target Produksi Nikel dan Emas Antam Tahun Ini

Target-Produksi-Nikel-dan-Emas-Antam-Tahun-Ini
Target Produksi Nikel dan Emas Antam Tahun Ini

PT, Aneka Tambang Tbk. (ANTM) berupaya menjaga tingkat produksi dan penjualan barang tambangnya di tengah pandemi Corona (Covid-19).

Manajemen ANTM memang belum memaparkan secara detail target volume produksi dan penjualan setiap komoditas tambangnya.

Namun dari segmen komoditas nikel, ANTM membidik kenaikan produksi dan penjualan

Senior Vice President Corporate Secretary ANTM Kunto Hendrapawoko mengungkapkan, emiten mineral plat merah ini akan mengoptimalkan operasi produksi pabrik feronikel agar mencapai target produksi dan penjualan 27.000 ton nikel dalam feronikel (TNi) di tahun ini. Jumlah itu lebih tinggi dibanding realisasi tahun lalu.

Sepanjang 2019, ANTM mencatatkan tingkat produksi feronikel sebesar 25.713 ton nikel dalam feronikel (Tni). Angka itu tumbuh 3% secara tahunan.

Sedangkan penjualan feronikel mencapai 26.212 Tni atau naik 9% secara year-on-year (yoy).

Adapun kontribusi penjualan dari feronikel mencapai Rp. 4,87 triliiun atau 15% dari pendapatan total konsolidasian tahun 2019. Penjualan feronikel menjadi kontributor kedua terbesar terhadap penjualan ANTM tahun lalu.

“Perusahaan tetap berupaya menjaga tingkat pertumbuhan bisnis Perusahaan dengan mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki. ANTM secara ketat menjalankan protokol kesiagaan holding industri pertambangan serta mematuhi kebijakan yang dirilis Pemda setempat sekitar operasional Perusahaan,” jelas Kunto.

Baca Juga: Antam Berharap Sentimen Harga Emas Poles Kinerja

Sementara untuk komoditas emas, Kunto menyatakan ANTM berupaya tetap menjaga stabilitas produksi melalui tambang emas Pongkor dan Cibaliung pada tingkat produksi sekitar 2 ton emas per tahun.

Sedangkan strategi penjualan emas ANTM mengedepankan perluasan jangkauan pada basis pelanggan emas di dalam negeri. Sayangnya, Kunto masih belum membeberkan secara rinci target penjualan emas ANTM di tahun ini.