Tambang Rakyat Semakin Menjamur

Tambang Rakyat Semakin Menjamur

Tambang Rakyat Semakin Menjamur
Tambang Rakyat Semakin Menjamur

Permintaan izin pertambangan memang membutuhkan banyak kajian dan analisa.

Ini dilakukan sebelum nantinya diterbitkan kepada pengusaha pertambangan.

Perusahaan diwajibkan mematuhi berbagai peraturan sebelum mendapat izin pertambangan.

Kondisi tersebut menyebabkan terjadi banyaknya penumpukan permohonan izin pertambangan.

Seperti halnya yang terjadi di Lampung. Pemkab Lampung Barat lewat devisi (ESDM) Energi Sumberdaya Mineral mempertanyakan soal belum adanya jaminan kepastian atas pemberian izin pertambangan rakyat yang selama ini telah menjadi kewenangan Provinsi Lampung.

Pasalnya, sejak pemberian izin pertambangan dipegang kewenangannya oleh provinsi mulai 2016  lalu.

Namun, hingga saat ini belum satupun pemilik usaha pertambangan rakyat di Lampung Barat yang mendapatkan perpanjangan izin walaupun sudah lama mengajukanya kepada provinsi.

Kabag ESDM Pemkab Lambar Eric Enrico mengatakan belakangan ini pihaknya sudah dua kali mengirimkan surat kepada Dinas ESDM Provinsi Lampung untuk menindaklanjuti permintaan penerbitkan IPR bagi pemilik usaha tambang galian C di Kabupaten Lambar ini.

Akan tetapi lanjut dia, hingga saat ini belum ada tindaklanjutnya dan pihaknya pun tidak mendapat penjelasan pasti soal kapan izin itu akan diterbitkan.

“Selain kami, Pemkab melalui bagian yang membidangi sebelumnya juga pernah mengajukan hal yang sama,” ujarnya, Rabu, 12 Agustus 2020.

Baca Juga: Kajian Peluang Investasi Di Lahan Eks Tambang

Ia menambahkan akan sangat disayangkan jika izin pertambangan rakyat ini tidak diterbitkan karena berkaitan dengan pajak pertambanganya itu bagaimana. Sebab tanpa diberikan izin juga, nyatanya saat ini usaha tambang rakyat itu masih saja tetap berjalan.