Tambang Batu Bara RI Bisa Turunkan Produksi

Must read

Tambang Batu Bara RI Bisa Turunkan Produksi

Tambang-Batu-Bara-RI-Bisa-Turunkan-Produksi
Tambang Batu Bara RI Bisa Turunkan Produksi

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mempersilahkan pengusaha batu bara jika mau melakukan revisi Rencana Kerja dan Anggaran Biaya (RKAB) tahun ini.

Hal ini dikarenakan dampak dari pandemi corona (Covid-19) sudah menyasar ke industri batu bara, turunnya permintaan menyebabkan Harga Batu bara Acuan (HBA) bulan April anjlok.

Direktur Teknik dan Lingkungan Ditjen Minerba Kementerian ESDM Sri Rahardjo mengatakan penurunan produksi bisa saja terjadi, karena permintaan berkurang.

Negara tujuan ekspor melakukan pembatasan, dampaknya terjadi penurunan penjualan.

“Bisa saja kalau demand berkurang, misalnya tujuan ekspor mereka melakukan pembatasan, otomatis penjualan menjadi berkurang pengurunan produksi bisa terjadi,” ungkapnya konferensi pers, Rabu, (08/04/2020).

Port Manager dan Kepala Teknik Tambang PT Arutmin Indonesia Ahmad Juaeni mengatakan sejauh ini operasional dari perusahaan masih berjalan normal.

Dampaknya saat ini belum dirasakan, namun ke depan jika dirasa perlu, akan dilakukan revisi RKAB.

“Sejauh ini belum ada terkait dengan pengaruhnya, sampai Maret ini nyaris tidak ada. Bahwa sejauh ini kegiatan operasi tambang batu bara yang dioperasikan perusahaan masih berjalan normal,” terangnya.

Lebih lanjut dirinya menerangkan beberapa peralatan equipment yang baru saja datang tertahan. Dirinya menyebut secara global baragkali memang ada efeknya terkait dengan demand.

Meski demikian, dirinya menyebut kegiatan pengapalan masih berjalan normal. “Jadi memang kalau penundaan tidak ada memang ada protokol yang lebih,” imbuhnya.

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article