Tambang Batu Bara Ombilin, Inilah Fakta Uniknya!

Kata “Bangga” yang bisa menggambarkan Indonesia setelah Tambang Batu Bara Ombilin Sawahlunto resmi ditetapkan sebagai Warisan Dunia UNESCO. Selain Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto, terdapat 35 situs lain di dunia yang ditetapkan sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO pada 2019. Tambang Batu Bara Ombilin Sawahlunto cukup unik.

Berikut ini adalah beberapa fakta istimewa tentang Tambang Batu Bara Ombilin:

Baca Juga: Asal Usul Emas dari Tabrakan Bintang Akhirnya Terkuak

1. Tambang Batu Bara Ombilin Tertua Di Asia Tenggara

Sawahlunto dikenal sebagai situs tambang batu bara tertua di Asia Tenggara. Sawahlunto secara geografis terletak di lembah yang sempit di sepanjang pegunungan Bukit Barisan. Kota itu sendiri dikelilingi oleh beberapa bukit, yaitu Bukit Polan, Bukit Pari, dan Bukit Mato.

Eksploitasi batu bara di Sawahlunto dilakukan sejak abad ke-19. Sejak itu, daerah pedesaan ini berkembang dan menjadi lokasi penambangan.

2. Satu – satunya Tambang Batu Bara Bawah Tanah Di Indonesia

Pertambangan batubara di Ombilin mulai beroperasi lebih dari satu abad. Dahulu tambang ini dikelola oleh pemeritah kolonial hingga akhirnya pengelolaan berpindah ke PT Bukit Asam Tbk. UPO di Sawahlunto ini merupakan satu-satunya tambang batubara bawah tanah di Indonesia.

3. Kota Industri Pada Masanya

Dilansir dari situs resmi UNESCO, penambangan batu bara telah secara signifikan mengubah lanskap pedesaan Sawahlunto menjadi situs industri.

Selama pengembangannya pada abad ke-19, perusahaan pertambangan merancang lokasi penambangan Sawahlunto menjadi lima kegiatan spasial: industri tambang batu bara, area komersial dan perdagangan, area pemukiman, wilayah administrasi, dan utilitas kesehatan.

4. Terdapat Beberapa Peninggalan Asli

Di Komplek Tambang, masih terdapat beberapa peninggalan asli seperti terowongan Mbah Soero, perumahan pekerja dan pekerja tambang (Tangsi Baru dan Tanah Lapang), pemfilteran batu bara, pabrik kereta api, kantor pemerintah, dan juga pemukiman.

5. Mirip Dengan Pertambangan Di Belgia

Salah satu situs pertambangan batubara yang memiliki kemiripan dengan Tambang Batu Bara Sawahlunto adalah Major Mining Sites of Wallonia (Belgia). Situs ini memiliki kesamaan dalam infrastruktur pertambangan dan perekrutan tenaga kerja.

Sebagai situs tambang batu bara, Sawahlunto memiliki infrastruktur yang lengkap dan utuh dalam perencanaan dan struktur perkotaan, pengaruh gaya arsitektur, bentuk lahan, dan budaya.