Strategi Ekspor Batu Bara BUMI dan Adaro

Strategi Ekspor Batu Bara BUMI dan Adaro

Strategi-Ekspor-Batu-Bara-BUMI-dan-Adaro
Strategi Ekspor Batu Bara BUMI dan Adaro

Direktur dan Corporate Secretary Bumi Resources Dileep Srivastava mengatakan hingga kuartal I 2020, perseroan masih menjual kepada pasar ekspor perseroan yang juga pelanggan lama.

Dia menambahkan, BUMI akan memantau perkembangan di Cina dan India, dua negara konsumen batu bara terbesar di dunia.

“Pasar Cina memang tampaknya akan pulih tetapi masih menahan inventaris. Begitu juga India yang masih lockdown. Sedangkan permintaan pasar lain tampak sedikit bergeming, tetapi masih tetap aktif,” ujar Dileep

Dua emiten batu bara, PT. Bumi Resources Tbk (BUMI) dan PT. Adaro Energy Tbk. (ADRO) masih fokus pada negara tujuan eksisting sehingga belum berniat mencari pasar ekspor baru. Langkah India memperpanjang lockdown belum mempengaruhi kebijakan ekspor dua emiten tersebut.

Pada kuartal I 2020 perseroan berhasil membukukan penjualan sebesar 21 juta ton. Naik sekitar 3 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu atau sekitar 20,37 juta ton.

Baca Juga: Peluang Baru Investasi EBT

Dileep mengatakan perseroan akan terus mengamati perkembangan pandemi Covid-19 dan akan mengkaji dampaknya terhadap operasional untuk melakukan beberapa penyesuaian jika diperlukan.