SPKLU Kini Tersedia di Tol Trans-Sumatera

SPKLU Kini Tersedia di Tol Trans-Sumatera
SPKLU Kini Tersedia di Tol Trans-Sumatera

Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) pertama di jalan tol Trans-Sumatera, tepatnya di rest area Km 20 B, ruas Bakaheuni—Kayu Agung, Provinsi Lampung, resmi beroperasi.

Kepala Biro Komunikasi Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Agung Pribadi menyampaikan bahwa pada Selasa (26/1/2021), Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan secara virtual meresmikan SPKLU tersebut.

Peresmian dilakukan pada akhir Rapat Koordinasi Percepatan Pembangunan Infrastruktur dan Transportasi di Kawasan Merak—Bakauheni—Tol Lampung.

Luhut Panjaitan yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Koordinator Percepatan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) menyampaikan apresiasinya terhadap PT PLN (Persero) yang telah mendukung percepatan program KBLBB dengan membangun SPKLU di Indonesia. 

Luhut juga berharap supaya masyarakat dapat makin antusias untuk beralih menggunakan KBLBB agar lebih ramah lingkungan. 

Luhut menyampaikan optimismenya bahwa Indonesia mampu bersaing dalam industri penyedia baterai untuk projek KBLBB.

“Indonesia mempunyai potensi sebagai produsen litium terbesar kedua di dunia setelah Republik Rakyat Tiongkok, cadangan nikel kita yang beragam menjadikan Indonesia tentu mampu bersaing di kancah ini,” ujar Luhut, Rabu (27/1/2021).

SPKLU pertama di Lampung ini berada di Rest Area Jalan Tol Trans Sumatera atau Tol Lampung KM 20B.

Keberadaan SPKLU di Lampung ini didirikan untuk mendukung kemajuan pengembangan mobil listrik yang ramah lingkungan. 

General Manager PLN Lampung Pandapotan Manurung mengatakan, ditargetkan akan ada empat SPKLU di Lampung. Untuk tahun ini targetnya dibangun di dua tempat. 

Selain itu menurut Rahman, Asisten Deputi Infrastruktur Dasar Perkotaan dan Sumber Daya Air Kemenko Marvest, SPKLU nantinya tidak hanya berada di jalan tol.

Baca Juga: Bangga! Indonesia Jadi Raja Nikel Dunia

Pemerintah berencana mengembangkan SPKLU di tempat-tempat keramaian. 

“Kita akan dukung penyediaan SPKLU di jalan tol dan nantinya akan di buka juga di tempat keramaian sebab kita akan mengejar ketertinggalan Indonesia akan pengembangan dan penggunaan kendaraan listrik,” ucap Rahmat. 

Direktur Teknik dan Lingkungan Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Wanhar menyampaikan bahwa ke depan akan dibangun SPKLU di tempat istirahat di Km 49 A Arah Palembang, Km 116 B Arah Bakauheni, dan Km 234 A Arah Palembang.