Smelter untuk Meningkatkan Nilai dan Pertumbuhan Ekonomi Jangka Panjang

Smelter untuk Meningkatkan Nilai dan Pertumbuhan Ekonomi Jangka Panjang

Smelter-untuk-Meningkatkan-Nilai-dan-Pertumbuhan-Ekonomi-Jangka-Panjang
Smelter untuk Meningkatkan Nilai dan Pertumbuhan Ekonomi Jangka Panjang

Adanya pembangunan smelter yang digagas oleh pemerintah melalui Undsang- undang no. 4/2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara. 

UU tersebut mengatur kebijakan pelaksanaan kewajiban peningkatan nilai tambah mineral melalui kegiatan pengolahan dan pemurnian di dalam negeri.

UU No. 04/2099 dan putusan MK No. 10/PUU-XII/2014 keduanya terkait dengan peningkatan nilai tambah.

Bahwa pemegang IUP (Izin Usaha Pertambangan) dan IUPK (Izin Usaha Pertambangan Khusus) wajib melakukan pengolahan dan pemurnian di dalam negeri serta konsisten dengan adanya kewajiban pemegang IUPK existing untuk membangun fasilitas pemurnian/smelter paling lambat tahun 2023.

Seperti yang di sampaikan menteri ESDM (12/05/2020) dalam siding paripurna dengan DPR RI. Dampak dari adanya pembangunan smelter luar biasa besar pada tahun 2023 jika pabrik smelter ini sudah beroperasi.

Selain penyerapan tenaga kerja daerah sekitar, pertumbuhan ekonomi daerah sekitar juga akan naik.

Kita berharap dengan adanya pabrik smelter ini, akan menimbulkan tumbuhnya industry pemasok untuk proses produksi seperti tambang silica, kapur, oxygen plan dan mangan.

Industri pemasok ini tentu akan banyak menyerap tenaga kerja daerah sekitar.

Belum Industri turunan dari dari produk yang di hasilkan dari hasil olahan smelter seperti; industry alumina, stainless steel, pupuk dan semen.

Di harapkan tumbuh bersama dengan beroperasinya industry pemurnian tersebut, maka perekonomian daerah akan ikut tumbuh.

Peningkatan pertumbuhan ekonomi ini bisa dari lihat dari siklus perekonomian di mana karyawan yang tempat tinggalnya jauh dari pabrik.

Baca Juga: ESDM Optimis Target Produksi Batu Bara 2020 Tercapai

Mereka akan menggunakan transportasi menuju tempat kerja. Dari sisi tarnportasi akan muncul perputaran ekonomi, mulai tukang ojek, dan tarnasportasi umum lainya.