Smelter Nikel Mulai Dibangun di KEK Palu

Smelter Nikel Mulai Dibangun di KEK Palu

Smelter Nikel Mulai Dibangun di KEK Palu
Smelter Nikel Mulai Dibangun di KEK Palu

PT. Trinitan Metals and Minerals Tbk melakukan groundbreaking pembangunan smelter nikel di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Palu, Sulawesi Tengah pada Rabu (28/10/2020).

Ground breaking ini merupakan tindak lanjut dari Kesepakatan Bersama antara TMM dengan PT. Bangun Palu Sulawesi Tengah (BPST) untuk membangun smelter nikel di atas lahan seluas 200 hektare. 

Kesepakatan itu ditandatangani pada 16 September 2020 lalu. Direktur TMM Widodo Sucipto menyatakan, setelah ground breaking, perseroan akan melakukan land clearing, kemudian memindahkan alat-alat yang berada di Polewali Mandar ke KEK Palu. 

Secara paralel mereka juga akan melakukan feasibility study dengan dua perusahaan raksasa Jepang yang akan rampung pada bulan Maret 2021, dan kemudian akan dilanjutkan dengan melakukan DED (Detailed Engineer Design).

TMM akan bergandengan tangan erat dengan KEK Palu, serta melakukan kolaborasi dengan membentuk team planologi antara TMM dan KEK Palu.

Selain itu, TMM juga akan memindahkan Pilot Plant teknologi Hidrometalurgi Step Temparature Acid Leach (STAL) dari kawasan Cileungsi, Jawa Barat ke KEK Palu.

Baca Juga: Raja Batu Bara AS Meninggal Dunia

Ini akan dilanjutkan dengan pembangunan beberapa mini plant di mulut tambang yang hasilnya berupa konsentrat.

Konsentrat ini akan diproses lebih lanjut di fasilitas main plant di KEK Palu dengan kapasitas hingga 5.000 ton nikel murni.