Sinyal Kuat Perpanjangan Izin Pertambangan

Sinyal Kuat Perpanjangan Izin Pertambangan

Sinyal Kuat Perpanjangan Izin Pertambangan
Sinyal Kuat Perpanjangan Izin Pertambangan

Sanjai saat ini Pemerintah masih dalam proses menggodok tiga rancangan peraturan pemerintah (RPP) sebagai turunan dari pelaksanaan Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang pertambangan mineral dan batu bara. 

Aturan-aturan tersebut secara detail akan mengatur tentang pelaksanaan kegiatan usaha pertambangan, wilayah pertambangan, serta pengawasan reklamasi dan pascatambang. 

Ketiga aturan tersebut, PP terkait pelaksanaan kegiatan usaha pertambangan minerba akan diterbitkan dalam waktu dekat.

Pasalnya, perjanjian karya pertambangan batu bara (PKP2B) PT. Arutmin Indonesia akan habis kontraknya pada 1 November 2020.

Perusahaan berharap pemerintah segera memberi kepastian agar statusnya dapat berubah menjadi izin usaha pertambangan khusus (IUPK).

Staf Khusus Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Bidang Tata Kelola Mineral dan Batubara Irwandy Arif menyebut pemerintah tengah mengebut untuk merampungkan PP tersebut.

Harapannya, salah satu perusahaan batu bara yang habis kontraknya dalam waktu dekat mendapat kepastian usaha.

“PP pengusahaan minerba akan dirilis bulan Oktober. Saat ini masih sosialisasi ke stakeholder,” ujar Irwandy

Irwandy menyebut poin-poin dalam RPP yang saat ini tengah dirancang pemerintah cukup krusial.

Termasuk di dalamnya soal penerimaan negara, pendelegasian wewenang ke pemerintah provinsi, perpanjangan PKP2B ke IUPK, ketahanan cadangan, nilai tambah minerba, jaminan ketahanan cadangan, nilai tambah minerba, perlindungan lingkungan, pemberdayaan, pengembangan masyarakat dan lain-lain.

Direktur Jenderal Minerba Ridwan Djamaluddin mengatakan penyelesaian RPP turunan UU Minerba sangat penting untuk kelanjutan kegiatan usaha perusahaan batu bara.

Isi dalam draf memang mendapat kritik sejumlah pihak. Pemerintah saat ini dalam posisi siap menerima masukan.

Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Sampah?

“Kami sadar tidak ada yang sempurna. Kalau ada yang perlu diubah, mari sama-sama mengubahnya,” ucapnya dalam acara Ulang Tahun ke-31 Asosiasi Pengusaha Batu Bara Indonesia (APBI) secara virtual siang tadi.