Simak! Capaian Badan Geologi dalam Minerba di 2020

Yuk Simak Capaian Badan Geologi dalam Minerba di 2020!

Laporan dari Kepala Badan Geologi Kementerian Energi Sumber Daya Mineral, Eko Budi Lelono atas hasil capaian kinerja selama tahun 2020 mengatakan bahwa Badan Geologi telah melaksanakan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) sebesar 707 juta dari target 2,6 milyar. 

Badan Geologi pun telah melakukan pengungkapan beberapa potensi mineral. 

Hasil kegiatan survei dan penyelidikan Badan Geologi telah menemukan tiga daerah prospek di Gua Batu, Tombang Tano, dan Prospek Banjar Melayu.

Capaian Badan Geologi juga menemukan  daerah konsentrasi logam tanah jarang yang dibagi menjadi 3 blok yaitu blok Liang, Blok Manggalai-Alasking, dan Blok Bolonan.

Badan Geologi juga telah menemukan prospek fosfat Guano di Gua Pasi, Gua Mayang, Gua Sematung 1, Gua Paroy, Gua Baja 1, dan Gua Naga Umbang.

Tidak hanya prospek mineral, Badan Geologi juga berhasil mengungkap 20 lokasi keterdapatan batu mulya di daerah penyelidikan yang diperkirakan termasuk dalam jens. 

Baca Juga: Bangga! Indonesia Jadi Raja Nikel Dunia

Dari survei dan penelitian yang telah dilakukan, Badan Geologi merekomendasikan beberapa Wilayah Izin Usaha Pertambangan (WIUP) Mineral Logam. Berikut rinciannya.

1). Tambang emas dan mineral ikutannya di Sumatera Utara, 

2). mineral logam mulia dan logam dasar di Nusa Tenggara Barat, 

3). logam tanah jarang dan mineral logam strategis di Sulawesi Tengah, 

4). nikel dan mineral pengikutnya di Maluku Utara, 

5). geokimia regional bersistem lembar Morotai A-1 di Maluku Utara, 

6). batu gamping di Aceh, 

7). Fosfat di Aceh, 

8). Kaolin di Kalimantan Barat, dan 

9). Batu mulia di Sulawesi Barat.

Sementara untuk pengungkapan potensi batubara, Badan Geologi menemukan 3 blok usulan batubara di bawah permukaan dan 3 blok usulan batubara permukaan. 

Badan Geologi juga telah menemukan 4 lapisan batubara dengan ketebalan berkisar 0,5 m- 7 m.

Selain itu, Badan Geologi juga telah menemukan blok prospek batubara di Tebing Tinggi dengan total sumber daya hipotetik batubara dari Formasi Warukin sebesar 7,8 juta ton.

Adapun kegiatan prioritas Badan Geologi Tahun 2021 akan melakukan survey keprospekan sumber daya batubara, gambut, dan gas metana batubara.