Siapkah Indonesia Beralih ke Energi Terbarukan?

Must read

Siapkah Indonesia Beralih ke Energi Terbarukan?

Hingga saat ini, kita masih menikmati bahan bakar minyak (BBM), bahan bakar gas (BBG), dan batu bara untuk kebutuhan hidup sehari-hari? Namun, itu tentu tidak untuk selamanya karena tiga jenis bahan bakar itu tidak termasuk energi terbarukan. Mereka akan habis pada waktunya.

Hal itu membuka perbincangan sesi Energy 4.0: Designing the Future of Indonesia’s Power Sector di Indonesia Millennial Summit 2020 yang diselenggarakan IDN Times di The Tribrata, Jakarta. Di panggung Visionary Leaders IMS 2020 hadirlah tiga pembicara untuk membahas tema ini.

Siapkah-Indonesia-Beralih-ke-Energi-Terbarukan?
Siapkah Indonesia Beralih ke Energi Terbarukan?

Ada penasihat Komisi Global Geopolitik Transformasi Energi Badan Energi Terbarukan Internasional (IRENA) Mari Elka Pangestu, Menteri Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM) Arifin Tasrif, dan Executive Director of IBEKA Tri Mumpuni.

Baca Juga : Corona Mereda, Minyak Mentah Menguat

“Yang perlu disadari oleh negara seperti Indonesia adalah akan terjadi transformasi penggunaan energi dari tradisional atau minyak bumi dan batu bara, dan akan terjadi puncak penggunaan fossil fuel. Peak-nya mugkin 2050 sudah berubah ke energi terbarukan. Jadi kita harus siap-siap dululah,” kata Mari Elka yang segera menjabat Direktur Pelaksana, Kebijakan Pembangunan dan Kemitraan untuk Bank Dunia, Jumat (17/1).

Seperti apa gambaran sektor energi Indonesia masa depan? Sudah siapkah kita beralih dari energi fosil ke energi baru terbarukan (EBT)? Berikut diskusi mendalam tiga pembicara di IMS 2020 mengenai hal tersebut.

Di panggung yang sama, Menteri Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM) Arifin Tasrif membenarkan pernyataan Mari Elka bahwa energi fosil semakin ditinggalkan. Dia menyebut Indonesia mendapat tekanan untuk mulai meninggalkan energi fosil.

“Banyak negara-negara telah dikampanyekan untuk tidak memberikan bantuan finansial untuk proyek-proyek yang menggunakan energi fosil. Tetapi kita masih membutuhkan ini,” ujarnya.

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article