Siapa Tambang Pertama yang Kantongi Sertifikat Anti Suap?

Siapa Tambang Pertama yang Kantongi Sertifikat Anti Suap?

Siapa-Tambang-Pertama-yang-Kantongi-Sertifikat-Anti-Suap?
Siapa Tambang Pertama yang Kantongi Sertifikat Anti Suap?

PT. Bukit Asam Tbk (PTBA) resmi menjadi perusahaan tambang pelat merah pertama yang memperoleh ISO 370001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan yang diaudit oleh PT. British Standards Institution Group Indonesia (BSI Group Indonesia). 

BSI Group Indonesia merupakan salah satu dari 10 lembaga sertifikasi SMAP yang telah terakreditasi Komite Akreditasi Nasional (KAN).

Berdasarkan siaran pers, Senin (13/7/2020), sertifikasi ini merupakan wujud komitmen PTBA. Sebagai perusahaan tambang batu bara nasional yang terdaftar di lantai bursa.

Untuk menerapkan manajemen yang tak hanya baik dalam pengelolaan namun juga terbuka dan bersih dari aksi gratifikasi dan penyuapan.

Hasil sertifikasi diperoleh PTBA mulai dari tahapan persiapan dengan pembentukan tim pendamping. Awareness training untuk Pegawai dan penilaian gap analysis oleh pihak independen.

Dilanjutkan oleh tahapan penyusunan dokumen, menyusun dan Integrasi dokumen dan mensosialisasikan ke seluruh Unit Bisnis.

Lalu masuk tahapan Implementasi, di mana penerapan SMAP sesuai dengan ISO 37001:2016; Melakukan Audit Internal SMAP beserta Corrective & Correction Action dan melakukan monitoring dan tinjauan manajemen.

Baca Juga: Produsen Batu Bara Ingin Revisi Produksi

Terakhir adalah tahapan sertifikasi audit yang dilangsungkan dalam 2 tahap. Audit dilaksanakan dua tahap yakni Tahap I pada tanggal 3-5 Juni 2020 dan Audit Tahap II pada tanggal 15-18 Juni 2020.