Siap-siap! Harga Batu Bara Meroket Lagi

Must read

"Siap-siap!

Harga batu bara kini bergerak naik. Ditandai dengan volatilitas yang tajam sejak akhir Desember tahun lalu, batu bara diproyeksi akan meroket lagi di Februari ini. 

Walaupun harga batu bara sempat berfluktuasi Januari kemarin, dalam waktu singkat harga batu bara berhasil naik lagi bahkan ke rekor tertinggi barunya.

Pada perdagangan akhir pekan lalu Jumat (5/2/2021), harga kontrak futures (berjangka) batu bara termal ICE Newcastle melesat 4,41% ke US$ 84/ton. Padahal, di pekan lalu harga kontrak yang aktif ditransaksikan ini sempat drop ke bawah US$ 80/ton.

Peningkatan permintaan menjadi salah satu faktor pengerek naik harga si batu legam. Di China, jelang perayaan Tahun Baru Imlek dan bertepatan dengan cuaca ekstrem musim dingin, kebutuhan dan konsumsi listrik meningkat.

Baca Juga : Harga Batu Bara Acuan Februari Terkerek Naik US$87/Ton

Kenaikan konsumsi listrik ternyata tidak dibarengi dengan pasokan yang mencukupi. Sektor pertambangan batu bara China belum pulih sehingga produksinya relatif lebih lambat dibanding kenaikan permintaannya. Harga pun melesat.

Untuk menurunkan harga yang sudah melesat tajam, pemerintah China terus berupaya untuk menggeber produksi domestik. Tak sampai di situ mereka juga mulai membuka keran impor lebih deras dari negara-negara produsen kecuali Australia. 

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article