Senyawa Kimia ini Ubah Cahaya Jadi Listrik

Senyawa Kimia ini Ubah Cahaya Jadi Listrik

Senyawa-Kimia-ini-Ubah-Cahaya-Jadi-Listrik
Senyawa Kimia ini Ubah Cahaya Jadi Listrik

Senyawa ini disebut fotosensitizer, seperti dilansir dari Science Daily, energi yang dihasilkan senyawa kimia ini dapat digunakan untuk menerangi jalan.

Fotosensitizer berarti mendorong reaksi kimia dengan adanya cahaya. Ini memiliki potensi untuk diaplikasikan ke berbagai hal.

Dampak energi dari bahan bakar fosil semakin nyata dalam memberikan dampak buruk bagi lingkungan.

Sumber energi terbarukan terus dieksplorasi, seperti yang baru-baru ini dilakukan sejumlah peneliti.

Para peneliti di West Virginia University menemukan senyawa kimia baru yang diklaim dapat menjadi sumber energi terbarukan di masa depan. 

Tujuannya, untuk meningkatkan efisiensi teknologi modern mulai dari panel surya penghasil listrik hingga ponsel.

Penelitian yang diterbitkan pada 16 Maret 2020 di Nature Chemistry ini dilakukan peneliti di laboratorium, asisten profesor kimia, Carsten Milsmann. 

Teknologi tersebut saat ini bergantung pada logam mulia, seperti iridium dan ruthenium. Namun, ketersediaan bahan-bahan ini masih terbatas di dunia, sehingga menjadikan energi ini sulit diakses dan mahal.

Baca Juga: Harga Emas Antam Melorot

“Kami memperhatikan ada beberapa upaya dalam mempelajari logam yang lebih banyak, titanium dan zirkonium karena zat ini sering tidak mudah untuk diolah,” kata Milsmann.

Dia menambahkan logam mulia selalu menjadi elemen pilihan karena sifat kimianya yang menguntungkan dan membuatnya lebih mudah untuk digunakan dan dipelajari.

“Oleh karena ituk kami berharap untuk mengubahnya (mencari sumber zat kimia lain),” sambung Milsmann.