Sentimen Mereda, Harga Emas Turun Tipis

Rabu (15/1/2020). Harga emas di pasar spot turun tipis sebesar 0,1% menjadi USD 1.546,48 per ounce setelah menyentuh level terendah sejak 3 Januari di USD 1.535,63. Emas berjangka AS ditutup turun 0,4 persen pada USD 1.544,60.

Harga emas turun tipis kemarin menjelang penandatanganan kesepakatan perdagangan sementara AS-China yang banyak ditunggu-tunggu sekaligus mengurangi daya tarik emas.

Hal utama adalah bahwa seminggu yang lalu kami memiliki Iran-AS. Berita yang menyebabkan reli emas yang cukup signifikan dan sekarang berita itu telah surut.” Kata Bob Haberkorn, ahli strategi pasar senior di RJO Futures.

Baca Juga : Turun Lagi! Emas Anjlok Rp 11.000/gram

“Kesepakatan AS-China juga seharusnya ditandatangani besok. Jadi, fakta bahwa dua pendorong besar untuk emas kembali turun harganya,” tambah dia.

Harga emas turun dari posisi terendah mereka setelah sebuah laporan Bloomberg News mengatakan tarif AS yang menargetkan barang-barang Cina akan tetap bertahan sampai pemilihan 2020. Selain itu kedua belah pihak bersiap-siap untuk menandatangani kesepakatan perdagangan “Fase Satu”.