Selain Cadangan Minyak Baru, Perlu Pengembangan Energi Alternatif

Must read

Indonesia masih menghadapi persoalan pada minimnya total cadangan minyak baru yang bisa berdampak pada ketahanan energi nasional di masa mendatang.

Asal tahu saja, belum lama ini Mantan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengungkapkan, total cadangan minyak terbukti di Indonesia berada di bawah 3 miliar barel. Jumlah tersebut hanya mewakili 0,2% dari total cadangan minyak di dunia.

Pengamat Ekonomi Energi Universitas Gadjah Mada Fahmy Radhi berpendapat, jika hanya dilihat dari perbandingan berskala global, cadangan minyak di Indonesia jelas kecil. Namun, sesungguhnya Indonesia tetap memiliki cadangan minyak yang melimpah.

Hanya saja, tantangannya adalah sebagian cadangan minyak tersebut berada di lokasi yang sulit seperti di lepas pantai atau laut dalam. Hal ini yang kemudian membuat kegiatan eksplorasi dan eksploitasi terhadap cadangan minyak yang ada sulit dilakukan dengan maksimal.

“Untuk memperoleh cadangan minyak terbukti yang lebih banyak, dibutuhkan investasi yang besar dan penggunaan teknologi yang lebih canggih,” terang Fahmy, Minggu (23/2).

Baca Juga : Perekonomian Arab Saudi Tak Tergantung Lagi pada Minyak

Menurutnya, upaya pencarian cadangan minyak baru jelas harus terus dilakukan oleh pemerintah dengan maksimal. Nilai investasi untuk kegiatan seperti itu pun diharapkan dapat terus meningkat dari waktu ke waktu.

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article