Seberapa Banyak Emas Tersisa di Bumi Ini?

Seberapa Banyak Emas Tersisa di Bumi Ini?

Seberapa Banyak Emas Tersisa di Bumi Ini?
Seberapa Banyak Emas Tersisa di Bumi Ini?

Rekor harga emas menyilaukan semua orang di masa pandemi ini. Harga emas mencapai puncak rekor tertinggi, melampaui  2.000 USD per ounce.

Kenaikan harga emas imbas dari berbagai kondisi investasi yang melesu sehingga mendorong lonjakan harga logam mulia sebagai inestasi paling minim risiko dan sedikit mengalami fluktuasi harga.

Kondisi itu menimbulkan pertanyaan tentang seberapa besar pasokan komoditas tambang berkilau ini tersisa di dunia. Sampai kapan manusia tetap bisa menambang emas hingga habis.

Maklum emas merupakan logam tambang yang sangat diminati sebagai investasi, simbol status, dan komponen kunci dalam banyak produk elektronik.

Tapi tentu komoditas ini tetap memiliki sumber daya yang terbatas, dan pada akhirnya akan datang tahap ketika tidak ada lagi yang tersisa untuk ditambang.

Saat emas berada di posisi puncak

Para ahli mengungkapkan waktu di mana emas mencapai posisi puncak. Yakni, di mana manusia bisa menambang paling banyak sesuai kemampuan dalam satu tahun.

Beberapa percaya jika kondisi itu mungkin telah mencapai titik.

Tercatat, produksi tambang emas mencapai 3.531 ton pada 2019, 1 persen lebih rendah daripada 2018, menurut World Gold Council. Ini merupakan penurunan produksi tahunan pertama sejak 2008.

“Sementara pertumbuhan pasokan tambang mungkin melambat atau sedikit menurun di tahun-tahun mendatang, karena cadangan yang ada habis, dan penemuan besar baru menjadi semakin langka, menunjukkan bahwa produksi telah mencapai puncak mungkin masih sedikit prematur,” kata Juru Bicara World Gold Council Hannah Brandstaetter.¬†

Bahkan ketika emas mencapai harga puncaknya, para ahli mengatakan jika pada tahun-tahun setelahnya, akan terlihat penurunan dalam produksi meski dinilai tidak akan terlalu dramatis.

Baca Juga: Saham Tambang Cerah Menghijau

Penurunan output emas akan berlangsung secara bertahap selama beberapa dekade.

“Produksi tambang memiliki garis datar, dan kemungkinan besar akan menurun, tetapi tidak secara dramatis,” tambah Ross Norman dari MetalsDaily.com.

Seberapa Banyak Emas Tersisa di Bumi Ini?