Sebenarnya Berapa Sih Cadangan Emas RI?

Sebenarnya Berapa Sih Cadangan Emas RI?

Sebenarnya-Berapa-Sih-Cadangan-Emas-RI?
Sebenarnya Berapa Sih Cadangan Emas RI?

Harga emas Antam pada perdagangan Senin (6/7/2020) kembali membukukan kenaikan di tengah kekhawatiran atas lonjakan infeksi virus corona kembali menghantui pemulihan ekonomi. Situasi itu mendorong investor untuk mencari logam safe haven.

Meski harga emas Antam hanya naik Rp. 1.000 alias seceng atau 0,11% menjadi Rp. 873.120/gram dari perdagangan sebelumnya, namun ini merupakan kenaikan untuk ketiga hari berturut.

Harga ini mengacu pada harga tiap gram emas Antam ukuran 100 gram yang lumrah dijadikan acuan transaksi secara umum yang naik sebesar 0,11% berada di Rp. 87,112 juta dari harga sebelumnya Rp. 87,012 juta per batang.

Di tengah tren kenaikan harga emas Antam, beberapa waktu lalu Direktur Utama MIND ID (Holding Induk Pertambangan) Orias Petrus Moedak memproyeksikan cadangan emas Antam bakal terus menurun. Hal itu dikareankan belum ada tambahan eksplorasi baru yang signifikan.

Ia menyebut MIND ID memiliki target laba sebesar Rp. 2,1 triliun di 2020 di mana salah satu penyumbangnya adalah Antam dari produk unggulan emas. Tantangannya saat ini adalah berkaitan dengan cadangan.

“Antam untuk emas dalam dua-tiga tahun ini akan semakin berkurang reserve-nya,” ujarnya dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR RI di Komisi VII DPR RI, Selasa (30/6/2020).

Ia mengingatkan perlu ada eksplorasi serius antara Antam dengan perusahaan lainnya untuk mendongkrak cadangan emas tersebut.

Baca Juga: Apa Kabar Prospek Pasar Batu Bara Eropa

Mengutip data CEIC, cadangan tambang emas nasional memang cenderung menurun dalam 10 tahun terakhir, yakni dari posisi 3.000 metrik ton pada tahun 2010, menjadi 2.600 metrik ton pada tahun lalu. Artinya, terjadi penurunan sebesar 13%.