SDM Industri Tambang Harus Mengerti Operasi Tambang Taat Aturan

Berkembangnya potensi SDM Industri Tambang di Indonesia yang terus meningkat. Sementara, kegiatan industri tambang di Indonesia masih sering dipandang sebelah mata karena kegiatan usaha tambang dinilai kerap menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan.

Sumber daya manusia (SDM) adalah salah satu faktor yang sangat penting bahkan tidak dapat dilepaskan dari sebuah organisasi, baik institusi maupun perusahaan. SDM juga merupakan kunci yang menentukan perkembangan perusahaan. Pada hakikatnya, SDM berupa manusia yang dipekerjakan di sebuah organisasi sebagai penggerak, pemikir dan perencana untuk mencapai tujuan organisasi itu.

Oleh karena itu, berkembangnya potensi industri pertambangan tersebut harus segera dibarengi dengan kesiapan Sumber Daya Manusia (SDM). Diharapkan SDM yang telah disiapkan itu dapat menjaga lingkungan sembari memaksimalkan potensi alam.

Baca juga artikel terkait SDM Industri Tambang Harus Mengerti Operasi Tambang Taat Aturan: Erick Thohir Ingin BUMN Banyak Melantai di Bursa Global

Kini pekerja tambang harus juga memahami tentang peraturan pertambangan yang berlaku. Salah satunya, para pekerja tambang bukan hanya lulusan pertambangannya namun juga para ahli hukum, teknologi, lingkungan dan lainya, yang masih berkaitan.

Di sini, peran perguruan tinggi menjadi kunci. Untuk itu, pihak perguruan tinggi harus terus berusaha menyiapkan SDM yang mampu dalam dunia tambang, dengan cara bekerjasama dengan perusahaan tambang, sehingga nantinya bisa berkonstribusi dalam pelaksanaan operasi tambang yang taat aturan.