Sah! Pemerintah Pensiunkan PLTU Mulai 2025

Must read

Pemerintah melalui Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Panjaitan mengatakan akan menghentikan operasional Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) berbahan bakar batu bara sebagai upaya menuju netral karbon (carbon neutral) yang dimulai dari tahun 2025.

Luhut menuturkan, pemerintah akan fokus mengembangkan energi baru dan terbarukan alias EBT.  Saat ini, imbuh Luhut, energi fosil, batu bara salah satunya, menjadi musuh bersama di seluruh dunia.

“Indonesia memiliki potensi besar di energi baru terbarukan. Sekarang ini fossil energy jadi musuh bersama (dunia). Bertahap, pemerintah juga mau pensiunkan power plant batu bara,” katanya pada Kamis (27/5/2021).

Selain itu, Luhut mengungkapkan, sejauh ini untuk operasional pembangkit energi dengan tenaga energi fosil pun tidak ada lagi yang mau membiayai. 

“Perbankan internasional pun nggak mau lagi mendanai operasional energi fosil,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, saat ini suhu dunia semakin panas, maka dari itu upaya melawan pemanasan global dengan mengurangi energi fosil dilakukan. Menurutnya bila suhu dunia naik 1,5 derajat celcius saja, dampaknya akan sangat buruk.

“Kenapa itu terjadi? Karena pemanasan global yang membuat bumi ini makin panas, kalau naik 1,5 derajat (celcius) saja, akan berikan dampak tidak bagus,” ungkapnya.

Sementara itu, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia menyebutkan, Indonesia sedang fokus mengembangkan energi hijau berupa pembangkit listrik bertenaga air.

“Kita sedang mulai bangun green energy, kita bangun power plant bertenaga air,” ujar Bahlil dalam acara yang sama.

Bahlil optimis Indonesia akan menjadi tujuan investasi, mengingat sumber daya alam lokal di Indonesia sangat luar biasa besarnya.

Baca Juga : Sebagian Negara Eropa Tak Ingin Cepat Ninggalin PLTU

“Ke depan, Indonesia jadi tujuan investasi, sumber daya alam kita luar biasa sekali tak perlu diragukan. Ada perikanan, pertambangan, kehutanan,” pungkas Bahlil.

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article