Saatnya Bangun Sektor ESDM Lebih Baik dan Progresif

Saatnya Bangun Sektor ESDM Lebih Baik dan Progresif

Saatnya Bangun Sektor ESDM Lebih Baik dan Progresif
Saatnya Bangun Sektor ESDM Lebih Baik dan Progresif

Hari senin lalu, 28 September adalah sebuah momen spesial bagi semua orang yang berkiprah di pertambangan dan energi di seluruh Indonesia.

Peringatan 75 tahun atas pengambilalihan kantor Chisitsu Chosasho di Bandung dari Jepang yang kemudian berubah nama menjadi Poesat Djawatan Tambang dan Geologi.

Ini adalah cikal bakal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) saat ini.

Arifin Tasrif, Menteri ESDM, mengatakan momentum 75 tahun Hari Jadi Pertambangan dan Energi dijadikan pijakan untuk terus bekerja membangun sektor ESDM lebih baik, progresif dan lebih cepat lagi, mewujudkan cita-cita energi berkelanjutan untuk Indonesia maju melalui kerja dan prestasi bagi bangsa Indonesia.

“Implementasi kebijakan sektor ESDM, kami gerakkan secara dinamis mengimbangi perkembangan dunia yang begitu pesat. Akselerasi pengembangan energi bersih menjadi tantangan kami selanjutnya, mendukung komitmen global dalam mengurangi emisi, dengan target 23% energi terbarukan dalam bauran energi Indonesia 2025, serta komitmen pengurangan emisi hingga 29% pada 2030 dengan usaha sendiri, sesuai skenario mitigasi,” ujar Arifin melalui video sambutan Hari Jadi Pertambangan dan Energi seperti dikutip laman Kementerian ESDM.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, peringatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi kali ini dilakukan bersahaja karena tengah menghadapi tantangan luar biasa, pandemi COVID-19.

“Tantangan yang membuat kita berpikir lebih kreatif dan inovatif dalam mengawal dan melakukan mitigasi sektor energi di tengah pandemi. Semoga kita semua senantiasa diberikan kesehatan, kekuatan dan semangat agar bisa melalui masa yang sulit ini,” ujarnya.

Baca Juga: Deretan Penambang yang Dapat Award Pemerintah

Arifin menuturkan, mengusung tema “Bangkit untuk Indonesia Maju”, Hari Jadi Pertambangan dan Energi tahun ini merefleksikan semangat insan pertambangan dan energi untuk bangkit bersama menghadapi tantangan pandemi.