RI Siap Jadi Raja Baterai Mobil Listrik Dunia

Must read

RI Siap Jadi Raja Baterai Mobil Listrik Dunia

RI Siap Jadi Raja Baterai Mobil Listrik Dunia
RI Siap Jadi Raja Baterai Mobil Listrik Dunia

Indonesia selama ini dikenal sebagai produsen dan eksportir nikel terbesar dunia yang menguasai 27% kebutuhan pasar global.

Padahal, nikel merupakan bahan baku utama baterai mobil listrik.

Potensi nikel di dalam negeri, terutama yang dikelola BUMN akan semakin meningkat setelah selesainya transaksi pembelian 20% saham divestasi PT. Vale Indonesia Tbk (INCO) oleh Holding BUMN Pertambangan Mining Industri Indonesia (MIND ID) atau Inalum.

MIND ID akan memiliki akses strategis untuk mengamankan pasokan bahan baku untuk industri hilir nikel Indonesia, baik menjadi stainless steel, maupun menjadi baterai kendaraan listrik.

Sebelumnya, MIND ID menyebutkan perusahaan melalui PT. Aneka Tambang Tbk (ANTM) bakal membentuk Holding PT. Indonesia Battery.

Rencana kedepan pembangunan pabrik baterai akan dipimpin oleh Inalum melalui ANTM, bersama dengan PT. Pertamina (Persero) dan PT PLN (Persero).

Ketiga perusahaan ini nantinya menjadi bagian dari perusahaan Holding Indonesia Battery ini.

Saat ini pihaknya tengah menyusun pembentukan perusahaan Holding PT. Indonesia Battery tersebut.

Dua produsen baterai kendaraan listrik terbesar di dunia saat ini tengah melirik untuk bergabung dalam industri hilirisasi nikel Indonesia.

Tak tanggung-tanggung, proyek baterai ini diperkirakan akan bernilai US$ 20 miliar atau setara Rp. 296 triliun (asumsi kurs Rp. 14.800 per US$).

Baca Juga: Kemenperin Beri Anugerah INDI 4.0

Ini sebuah angin segar. Usaha Indonesia yang memiliki kekayaan tambang berlimpah untuk melakukan hilirisasi industri minerba, langsung mendapat respons bagus dari investor asing. Ini bukti bahwa kebijakan Indonesia sudah tepat.

1 COMMENT

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article