RI Bakal Gaet Eropa-AS di Proyek Smelter

Must read

Pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berencana akan menjajakan sejumlah proyek smelter ke investor asing di beberapa negara, termasuk Eropa hingga Amerika Serikat.

Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral Kementerian ESDM Sugeng Mujiyanto mengatakan, pihaknya akan bergabung di forum bisnis atau acara internasional dalam rangka promosi proyek pembangunan smelter. 

“Tahun ini kami akan lakukan market sounding ke Amerika Serikat, Uni Eropa, Asia ke Jepang, dan sebagainya. Sedang kami susun dan berharap semester kedua ini kami sudah mulai jalan ke berbagai forum yang ada untuk pasarkan smelter kita,” kata Sugeng dalam pada Kamis (15/4/2021).

Program penjajakan minat pasar ke berbagai negara asing ini merupakan salah satu skenario Kementerian ESDM untuk memfasilitasi kendala dalam pembangunan smelter agar pembangunan smelter dapat berjalan sesuai dengan rencana.Langkah pemerintah untuk merealisasikan pembangunan smelter dilakukan dalam tiga tahap.

Baca Juga :  APBI: Kebijakan Kenaikan Produksi Batu Bara Sudah Tepat!

Tahap pertama, pemerintah melakukan one on one meeting antara perusahaan smelter dan PLN untuk memastikan pasokan listrik .Untuk kendala pendanaan, dilakukan penyusunan info memo perusahaan smelter untuk ditawarkan kepada para calon investor dan calon pendana.

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article