Rekomendasi Saham Cuan Pada Emiten Batu Bara

Rekomendasi Saham Cuan Pada Emiten Batu Bara

Rekomendasi Saham Cuan Pada Emiten Batu Bara
Rekomendasi Saham Cuan Pada Emiten Batu Bara

Pasar batu bara telah menunjukkan sinyal positif secara konsisten.

Emiten batubara sedang diuntungkan sebab mendapat dukungan dari dari dalam negeri.

Yakni terkait Undang Undang (UU) Cipta Kerja atawa omnibus law yang berhasil menopang kinerja saham emiten batubara di tengah pelemahan harga batubara global.

Lantas seperti apa dampak omnibus law ini terhadap emiten batubara? 

Analis MNC Sekuritas Catherina Vincentia menilai aturan mengenai insentif dari pemerintah dalam bentuk relaksasi royalti sampai dengan 0% adalah upaya menarik investor asing untuk berinvestasi di Indonesia.

Selain itu, kebijakan kewajiban hilirisasi pada akhirnya adalah cara untuk memberikan nilai tambah bagi hasil tambang batubara di Indonesia.

“Hanya saja, dampak dari kebijakan ini bersifat untuk jangka panjang, karena Indonesia tidak akan dapat bertahan jika hanya mengandalkan ekspor. Kewajiban hilirisasi membuat batubara lebih bernilai sehingga bisa dijual dengan harga yang lebih tinggi,” jelas Catherina.

Pada akhirnya, dengan harga jual batubara yang lebih tinggi, emiten batubara pun akan diuntungkan dengan kebijakan tersebut.

Baca Juga: Antam Buka Suara Soal Rencana Pabrik Baterai Listrik RI

Selain itu, menurut Catherina, beberapa poin dalam UU Cipta Kerja memang dibuat untuk memudahkan perusahaan batubara untuk memperpanjang izin operasionalnya.

Berikut rekomendasi para analis untuk emiten sektor batubara: