Rasio Dividen Tiga Emiten Batu Bara Berpotensi Turun

Rasio Dividen Tiga Emiten Batu Bara Berpotensi Turun

Rasio-Dividen-Tiga-Emiten-Batu-Bara-Berpotensi-Turun
Rasio Dividen Tiga Emiten Batu Bara Berpotensi Turun

Mengutip publikasi riset JPMorgan, keberlanjutan pembagian dividen oleh emiten tambang dinilai semakin penting bagi investor dalam beberapa tahun terakhir. 

Sebanyak tiga emiten tambang batu bara kakap dalam negeri diproyeksi mengalami risiko penurunan dividend per share atau dividen per saham (DPS) di tengah tantangan bisnis akibat sentimen pandemi Covid-19.

JP Morgan melihat keberlanjutan pembagian dividen dari emiten tambang logam saat ini cenderung lebih royal dibandingkan dengan pembagian dividen oleh emiten tambang energi.

Hal itu disebabkan oleh penurunan tajam dari harga dan permintaan minyak mentah global yang menekan kinerja emiten tambang energi pada 2020.

Baca Juga: 4 Fakta Unik Tentang Tambang

Tahun ini, dilihat dari seluruh Asia, rata-rata dividend yield untuk emiten tambang energi diperkirakan hanya sebesar 1 persen, lebih rendah 3 poin persentase dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya sebesar 4 persen.

Sementara itu, rata-rata perkiraan dividend yield untuk emiten tambang logam di Asia tahun ini hanya berkurang 1 poin persentase menjadi 5 persen, dibandingkan dengan perkiraan sebelumnya sebesar 6 persen.