Rambah Bisnis ke EBT! Indika Kini Garap Panel Surya

Must read

Bersama dengan mitra strategis asal India, Fourth Partner Energy, PT Indika Energy Tbk merambah bisnis ke sektor Energi Baru Terbarukan (EBT) khususnya bisnis panel surya dengan nama PT Empat Mitra Indika Tenaga Surya (EMITS).

Head of Investor Relations Indika Energy, Ricardo Silaen mengatakan, pemerintah kini mulai menggalakkan penggunaan EBT. Pada saat yang sama, pemerintah juga mengeluarkan kebijakan bagi pemilik bangunan untuk menggunakan panel surya demi mengurangi emisi karbon.

Melihat peluang itu, Indika Energy merambah bisnis panel surya dengan didirikannya EMITS yang menggabungkan kompetensi Fourth Partner Energy dalam membangun dan mengoperasikan lebih dari 550 Megawatt (MW) Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di India. 

Adapun ruang lingkup bisnis EMITS adalah instalasi rooftop solar PV, menghasilkan tenaga surya, hingga membangun panel surya untuk menghasilkan listrik yang diinjeksi ke PT PLN.

Dalam jangka panjang, Indika Energy menargetkan EMITS bisa menginstalasi listrik tenaga surya sebesar 500 MW dalam lima tahun. 

Selain itu, Indika juga merambah bisnis ke motor listrik melalui anak usahanya yakni PT Electra Mobilitas Indonesia (EMI).

Dilatarbelakangi oleh inisiatif pemerintah untuk menggunakan motor listrik hingga 2 juta unit pada 2025, rencana Gojek untuk menggunakan motor dan mobil listrik pada 2030, dan rencana PLN untuk membangun stasiun pengisian listrik di seluruh Indonesia. 

Tidak hanya panel surya dan motor listrik, hutan tanaman energi juga bisa menjadi obsesi bisnis EBT kelompok usaha Indika Energy.

Baca Juga : Perusahaan Induk Petrosea Genjot Diversifikasi Bisnis

Program pengembangan bioenergi berbasis hutan energi sebagai cadangan kawasan hutan produksi yang khusus diperuntukan untuk pembangunan hutan energi, sebagai sumber bahan baku bioenergi. 

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article