PTRO Siapkan Dana US$ 2 Juta Untuk Buyback Saham

PTRO Siapkan Dana US$ 2 Juta Untuk Buyback Saham

PTRO-Siapkan-Dana-US$-2-Juta-Untuk-Buyback-Saham
PTRO Siapkan Dana US$ 2 Juta Untuk Buyback Saham

Emiten konstruksi dan jasa pertambangan PT. Petrosea Tbk (PTRO) akan membeli kembali (buyback) saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebesar-besarnya US$ 2 juta.

Nilai tersebut setara Rp. 30 miliar dengan asumsi kurs Rp. 15.000 per dolar Amerika Serikat (AS).

Sesuai SEOJK No. 3 Tahun 2020, jumlah saham yang akan dibeli kembali oleh Petrosea tidak akan melebihi 20% dari modal disetor.

Buyback saham ini bakal dilakukan secara bertahap dalam jangka waktu tiga bulan, mulai dari 11 Juni 2020 sampai dengan 8 September 2020.

Anggota Indika Energy Group ini akan membeli kembali saham-saham tersebut pada harga yang dianggap baik dan wajar oleh manajemen.

PTRO menunjuk PT. Mandiri Sekuritas sebagai perantara perdagangan efek.

Buyback saham bakal dilakukan pada harga yang lebih rendah atau sama dengan harga penutupan perdagangan sebelumnya.

Berdasarkan keterbukaan informasi Petrosea, Rabu (10/6), dana  buyback yang sebesar US$ 2 juta bersumber dari kas internal.

Nilai tersebut belum termasuk biaya transaksi pembelian kembali saham, komisi broker, serta biaya lainnya.

Meskipun begitu, manajemen PTRO yakin, realisasi buyback ini tidak akan memberi dampak negatif yang material pada kegiatan usaha perusahaan.

Alasannya, PTRO memiliki modal kerja yang cukup untuk melaksanakan pembiayaan transaksi ini bersamaan dengan kegiatan usaha.

Sebagai gambaran, per akhir 2019, aset PTRO mencapai US$ 551,04 juta dengan ekuitas US$ 212,56 juta dan laba tahun berjalan US$ 31,32 juta.

Selain itu, potensi kerugian dari pengalihan aset berupa kas menjadi treasury stock diperkirakan tidak akan memengaruhi pendapatan perusahaan secara signifikan.

Baca Juga: Jenis Tambang yang Melimpah di Indonesia

Langkah buyback saham ini diambil sehubungan dengan kondisi perdagangan saham di BEI yang sejak awal tahun 2020 berfluktuasi signifikan.

Sepanjang tahun ini, harga saham PTRO merosot 20,87% ke posisi Rp. 1.270 per saham hingga perdagangan Rabu (10/6).