PTFI Janji Tak Lakukan PHK

PTFI Janji Tak Lakukan PHK

PTFI-Janji-Tak-Lakukan-PHK
PTFI Janji Tak Lakukan PHK

Akibat terdampak virus corona, Freeport Indonesia menunda pengerjaan proyek fasilitas pemurnian di Gresik.

PT. Freeport Indonesia tengah mengajukan penundaan pembangunan smelter atau fasilitas pengolahan dan permunian di Gresik selama 1 tahun.

Meski terjadi penundaan progres pembangunan smelter, Direktur Utama PT. Freeport Indonesia Tony Wenas menjamin tak akan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) kepada pekerja smelter PTFI.

“Hal itu dikarenakan pekerja yang membangun smelter tersebut merupakan karyawan PTFI sehingga dapat difungsikan di bidang lain untuk sementara waktu,” katanya, Selasa (28/4/2020).

Selain itu, apabila nantinya Kementerian ESDM mengabulkan permohonan penundaan proses pembangunan smelter ini diharapkan tak berdampak pada ekspor perusahaan.

Untuk diketahui, rekomendasi ekspor diberikan seiring progress pembangunan smelter. Pada tahun lalu, PTFI mendapatkan kuota ekspor mencapai 746.953 wet ton konsentrat tembaga. Lalu tahun ini, PTFI dapat mengekspor 1.069.000 wet ton konsentrat tembaga.

Baca Juga: Harga Emas Terendah Selama Seminggu

“Harapannya tetap disetujui penundaan pembangunannya. Ekspor tetap dilakukan, kami yakin bahwa ini kontribusi kepada negara. Kalau Freeport berhenti operasi maka akan berdampak pada keadaan ekonomi. Kami berharap untuk tetap produksi dan ekspor. Tentunya pemerintah perlu evaluasi secara berkala. Tentu ada parameter, tergantung ESDM bagaimana,” tutur Tony.