PTBA Siap Garap Proyek Gasifikasi Batu Bara

Must read

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) saat ini sedang mempersiapkan segala persyaratan untuk memulai pengerjaan proyek gasifikasi batu bara yakni, mengubah batu bara menjadi Dimethyl Ether (DME) yang masuk ke dalam salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN).

Direktur Utama PTBA Suryo Eko Hadianto mengatakan, sejauh ini proses studi kelayakan untuk proyek sudah rampung dan tengah dilakukan negosiasi terkait pembiayaan dalam prosesnya.

Selain itu, ia menambahkan, hingga sejauh ini negosiasi sudah mendekati kesepakatan dengan partner kerja sama, sehingga proyek bisa segera dimulai.

“Sepertinya sudah mau deal, mudah-mudahan di kuartal II-2021 bisa deal semuanya. Yang lebih menggembirakan lagi adalah dukungan dari pemerintah 100%, sehingga kami sebagai manajemen bisa masuk ke bisnis tersebut dengan aman,” ujar Suryo.

Nantinya proyek ini akan meningkatkan pendapatan perusahaan dari peningkatan penyerapan batu bara 6 juta ton per tahun. Diramal proyek ini bisa beroperasi pada empat tahun mendatang. Selain itu, ia memprediksi  sebanyak 6 juta ton batu bara per tahun dibutuhkan untuk menghasilkan 1,8 juta ton DME per tahun dan bisa menggantikan LPG sekitar 1 juta ton per tahun.

“DME menciptakan captive market batu bara, jadi produksi batu bara PTBA 6 juta ton per tahun hanya bisa untuk support DME. Belum lagi keuntungan yang didapatkan dari jualan DME,” tambahnya.

Di samping itu, menanggapi soal teknologi gasifikasi mahal, menurutnya hal tersebut menjadi bagian dari transformasi bisnis. Diperlukan waktu untuk diterima oleh masyarakat, dan butuh dana teknologi ketika di awal penerapannya.

Baca Juga : Bangga! 2025 RI Bakal Punya 3 Pabrik Gasifikasi

“Tapi ini akan menjadi milik kita sendiri, dijual dan digunakan di Indonesia jadi tidak ada biaya yang keluar. Tetapi lebih baik keluar uang untuk kepentingan dalam negeri, daripada ke luar karena harus beli impor. Jadi secara filosofi uangnya berputar di dalam jadi hanya biaya di Indonesia,” pungkas Suryo.

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article