PT SGER: Perdagangan Batubara Masih Prospektif di 2021

Perdagangan Batubara Masih Prospektif di 2021
Perdagangan Batubara Masih Prospektif di 2021

PT Sumber Global Energy Tbk (SGER) meyakini prospek perdagangan batubara masih akan tetap prospektif di tahun 2021.

Direktur Sumber Global Energy, Bagus Kestiadi, mengatakan, potensi penyerapan batu bara di pasar Negara Asia Tenggara masih cukup banyak.

Karena banyaknya pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di region ini yang membutuhkan batubara sebagai bahan bakar.  

Sejauh ini, mayoritas penjualan batu bara Indonesia dilempar ke pasar ekspor. Berdasarkan wilayah, mayoritas batubara dikirim ke China, Bangladesh, Vietnam, dan India.  

Adapun untuk penjualan domestik diserap oleh pembangkit listrik yang dikelola oleh pihak swasta juga pembangkit listrik yang dikelola PLN. 

Komoditas batu bara masih akan cerah di tahun 2021, salah satunya, karena gasifikasi batubara, program transformasi batu bara menjadi gas. 

Lewat Perpres No 109 tahun 2020, pemerintah telah menetapkan proyek Gasifikasi menjadi proyek strategis nasional (PSN) yang mengisyaratkan pengembangan dan dukungan batubara dari pemerintah.

Yang membuat prospek batu bara semakin cerah adalah, dalam kurun waktu dua hingga tiga bulan terakhir, harga batu bara dunia terus menguat.

Diharapkan, harga batu bara juga bisa lebih stabil dan terus bergerak naik.

Baca Juga: Mahasiswa ITS Gagas Thorium Sebagai Bahan Bakar PLTN

Oleh karena itu, Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) optimistis industri batu bara dalam negeri dan global masih positif ke depan di tengah ketidakpastian ekonomi global ini.