Proyek Gasifikasi Bakrie Capai Rp 30 T

Proyek Gasifikasi Bakrie Capai Rp 30 T

Proyek-Gasifikasi-Bakrie-Capai-Rp-30-T
Proyek Gasifikasi Bakrie Capai Rp 30 T

Direktur Utama Bukit Asam Arviyan Arifin mengatakan saat ini perusahaan masih menunggu keputusan pemerintah terkait dengan harga jual DME tersebut. Hal ini menjadi salah satu sebab proyek ini masih belum berjalan.

“Kita tetap jalan nunggu keputusan harga dari pemerintah atau Pertamina terkait harga jual DME,” kata Arviyan.

PT. Bukit Asam Tbk (PTBA) menyebutkan proyek gasifikasi batu bara miliknya yang bekerja sama dengan PT. Pertamina (Persero) dan Air Products and Chemicals, Inc. tetap berjalan.

Meski saat ini proyek tersebut masih menunggu ditetapkannya harga jual produk hasil gasifikasi tersebut, yakni Dimethyl Ether (DME).

Dia menjelaskan, proyek ini rencananya tak hanya akan menghasilkan DME sebagai turunan dari proses gasifikasi batu bara namun juga akan menghasilkan metanol dan monoethylene glycol (MEG).

Arviyan tak dapat memastikan kapan proyek ini akan mulai berjalan, namun dia menegaskan bahwa proyek ini masih on track dan akan segera dimulai. “Segera,” tegasnya.

Penandatanganan proyek ini juga terpaksa molor setelah direncanakan akan dilaksanakan pada Maret lalu.

Baca Juga: Khawatir Perang Dagang, Harga Emas Melompat

Menurut rencana, penandatanganan akan dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah menggelar pertemuan pemimpin negara ASEAN dengan Amerika Serikat (AS).