Prospektif! Saham Petrosea Masih di ’Hold’ Lo Kheng Hong

0
7
Prospektif! Saham Petrosea Masih di ’Hold’ Lo Kheng Hong
Prospektif! Saham Petrosea Masih di ’Hold’ Lo Kheng Hong

Setelah resmi menjual semua kepemilikan sahamnya di PT. Mitrabahtera Segara Sejati Tbk (MBSS), tampaknya untuk saham PT Petrosea Tbk masih di-’hold’ oleh investor ritel tersukses di Indonesia, Lo Kheng Hong.

Hal ini karena Lo Kheng Hong melihat kinerja Petrosea saat ini sudah membaik signifikan di tengah pandemi Covid-19

Tidak hanya kinerjanya yang meningkat secara signifikan, saham Petrosea juga dianggap masih prospektif bagi Lo Kheng Hong sebab saham dengan kode PTRO ini dianggap sebagai salah satu saham yang masih murah sehingga berpotensi memberikan keuntungan di masa depan. 

Di tengah harga batubara global yang sempat merosot pada 2020 dan menimbulkan efek domino pada kinerja keuangan perusahaan, Petrosea juga masih mampu meningkatkan pos ekuitas saham dan mampu menekan liabilitas hingga 23%. Hal ini juga menjadi nilai positif bagi saham Petrosea di mata Lo Kheng Hong. 

Pertumbuhan kinerja keuangan saham Petrosea selama 4 tahun terakhir juga cukup prospektif dan menjanjikan. Pada komponen pendapatan dan laba bersih, rata-rata naik 20% dan 11%. Ini artinya Petrosea terus meningkatkan keuntungan di setiap tahun.

Seperti yang diketahui, sebanyak 15,01% atau 151.422.200 saham Petrosea dimiliki oleh Lo Kheng Hong. Petrosea juga membagikan dividen dan Lo Kheng Hong mendapatkan dividen senilai Rp17,6 miliar.

Petrosea membagikan dividen tunai untuk periode tahun buku 2020 senilai US$8 juta atau setara dengan Rp112 miliar (asumsi kurs US$1 = Rp14.000) untuk tahun buku 2020 dengan nilai dividen per saham sebesar US$0,00807.

Jumlah dividen tunai ini sekitar 24,78% dari total laba bersih Petrosea sepanjang 2020 yang sebesar US$32,28 juta (Rp451,92 miliar). Dividen yang dibagikan setara dengan Rp115 per saham.

Baca Juga : Simak Ikhtiar Holding Petrosea Genjot Kinerja di 2021

Melihat berbagai potensi dan prospektif dari saham Petrosea, wajar saja saham perusahaan ini masih menjadi andalan bagi Lo Kheng Hong.

Sebagai informasi, selain masih meng-’hold’ saham Petrosea, Lo Kheng Hong juga akan fokus untuk membeli saham-saham di sektor lainnya yang memiliki prospek menarik, seperti perbankan, perkebunan kelapa sawit (Crude Palm Oil/CPO), hingga tambang batubara dan bubur kertas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here