Prospek Cerah Menanti Tiga Emiten Tambang MIND ID

Must read

Prospek Cerah Menanti Tiga Emiten Tambang MIND ID
Prospek Cerah Menanti Tiga Emiten Tambang MIND ID

Meski mencatatkan penurunan performa pada 2020, tiga emiten  pertambangan milik negara yang tergabung dalam holding Mining Industry Indonesia (MIND ID)  tengah menanti prospek cerah pada tahun ini.

Berdasarkan data yang dirilis, emiten pertambangan pelat merah, PT Bukit Asam Tbk. (PTBA), PT Timah Tbk. (TINS), dan PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) secara bersamaan mencetak penurunan pendapatan pada 2020.

Dari ketiga emiten tersebut hanya ANTM yang berhasil mencetak pertumbuhan bottom line impresif, yaitu meningkat 492,91 persen menjadi Rp1,14 triliun.

Sementara itu, PTBA mencatatkan penurunan laba 41,17 persen menjadi Rp2,38 triliun dan TINS masih membukukan rugi bersih sebesar Rp 340,59 miliar.

Baca Juga : Dirut INDY Sebut Green Energy RI Berpotensi Tinggi

Menyikapi performa ini, Analis Jasa Utama Capital Sekuritas Chris Apriliony menyatakan, penurunan kinerja ketiga emiten tambang pelat merah ini dikarenakan adanya pelemahan harga komoditas sepanjang 2020.

“Secara umum untuk PTBA dan ANTM dengan harga komoditas yang masih cenderung bertahan di harga yang cukup tinggi dan pemulihan ekonomi, seharusnya masih berdampak positif ke emiten tersebut,” ujar Chris pada Senin (15/3/2021).

Lebih lanjut, menurut Chris, tambang rakyat liar TINS belum dapat diatur maka produsen timah itu masih akan sulit untuk mencatatkan kinerja yang baik. Apalagi, terdapat penerbitan aturan Rencana Kerja Anggaran dan Biaya (RKAB) baru pada akhir 2020 terkait pertambangan timah yang menjadi katalis negatif kinerja TINS.

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article