Produksi dan Penjualan Mineral RI Diprediksi Naik di 2021

Produksi dan Penjualan Mineral RI Diprediksi Naik di 2021
Produksi dan Penjualan Mineral RI Diprediksi Naik di 2021

Ekonomi yang mulai berangsur pulih seiring dengan membaiknya penanganan covid-19, diprediksi akan meningkatkan produksi dan penjualan komoditas mineral Indonesia di 2021 ini. Ditambah, di tahun ini juga ada momentum super cycle pada sejumlah komoditas andalan Indonesia, seperti mineral.  

Arif S. Tiammar selaku praktisi tambang dan smelter menyampaikan bahwa, hampir seluruh produksi komoditas mineral dan logam Indonesia dijual secara ekspor ke luar negeri. Hal itu untuk memenuhi rantai pasokan industri dunia, utamanya untuk wilayah Asia Pasifik, India dan Eropa.

Maka dari itu, kinerja produksi dan penjualan mineral tak bisa dilepaskan dari pertumbuhan ekonomi dunia. Sedangkan pada tahun lalu, pertumbuhan ekonomi dunia terkontraksi hingga -3,7%. 

“Ini tentu sangat memukul ekonomi dunia, dimana produksi dan penjualan mineral dan logam Indonesia merupakan bagian darinya,” kata Arif pada Minggu (14/2/2021).

Seiring dengan upaya pemulihan pandemi covid-19, Bank Dunia, IMF dan sejumlah institusi lain memprediksikan pertumbuhan ekonomi dunia pada tahun ini bisa naik signifikan hingga 5,5%. Proyeksi itu, sambung Arif, bakal memberi prospek positif bagi permintaan komoditas mineral dan logam Indonesia.

Terlebih, gairah produksi dan penjualan produk tambang juga bisa terangkat oleh momentum super cycle atas beberapa komoditas andalan Indonesia. Pada siklus kali ini, harga beberapa komoditas ada dalam tren peningkatan seiring dengan naiknya kebutuhan beberapa industri yang sangat tergantung dengan pasokan mineral dan logam.

Baca Juga : 2 Sentimen ini Sebabkan Harga Batubara Acuan Naik!

Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Mineral Kementerian ESDM Sugeng Mujiyanto juga berharap, seiring dengan membaiknya perekonomian dan industri di sejumlah negara, khususnya di China, dapat meningkatkan permintaan dan harga komoditas mineral. Dengan begitu, target produksi dan penjualan bisa tercapai.