Produksi Batu Bara Juli Menurun

Produksi Batu Bara Juli Menurun

Produksi Batu Bara Juli Menurun
Produksi Batu Bara Juli Menurun

Pandemi Covid-19 yang masih belum mereda membuat produktivitas kinerja batu bara pada bulan Juli mengalami penurunan. 

Tercatat melalui data yang bersumber dari Minerba One Data Indonesia (MODI) Situs Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Realisasi produksi batu bara pada Juli 2020 sebesar 41,11 juta ton. Lebih rendah dari realisasi produksi pada Juni 2020 sebesar 46,36 juta ton atau turun 11,32%. 

Kondisi tersebut masih belum dapat dipastikan penyebabnya secara valid.

Apakah ini dampak dari Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI) pada awal Juli yang ingin agar produsen batubara memangkas produksi 15%-20% atau ada penurunan kinerja pada level operasional pertambangan.

Direktur Eksekutif APBI Hendra Sinadia mengatakan, pihaknya memang tidak bisa memastikan apakah ini karena faktor imbauan dari asosiasi agar produsen mengurangi produksi sebagai antisipasi karena permintaan terus menurun.

Dia pun menegaskan rencana pengurangan produksi ini sifatnya adalah imbauan, bukan kesepakatan. Sebab, realitas di lapangan mengacu pada kebijakan masing-masing perusahaan.

Baca Juga: Listrik Untuk Smelter

“Kemungkinan besar produksi turun karena memang reaksi perusahaan yang mengurangi produksi. Karena permintaan yang lemah dan harga terus turun dibanding bulan-bulan sebelumnya,” kata Hendra.